10 Tips Mengirim Surat Lamaran Melalui Email

10 Tips Mengirim Surat Lamaran Melalui Email
OyiNews

Tips Mengirim Surat Lamaran – Saat ini mengirimkan surat melalui e-mail adalah sebuah kebutuhan, terlebih bagi pelamar pekerjaan. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengerti cara mengirimkan surat lamaran melalui e-mail sehingga lamaranmu tidak diproses bahkan tidak dibaca oleh recruiter. Apakah sobat oyi pernah mengirimkan surat lamaran namun tak kunjung mendapatkan balasan ? Jika begitu maka sobat oyi harus mengetahui 10 hal yang harus ada saat mengirim surat lamaran melalui e-mail berikut ini :

  1. Gunakan nama asli pada alamat email

Sobat oyi yang lahir pada tahun 1993 hingga 2000an pernah punya nama alay kan ?Nama  alay biasanya digunakan pada social media, atau nama panggilan yang disematkan oleh teman – teman kita.  Nah, jangan gunakan nama alay lagi ketika kamu akan memasuki dunia kerja karena dianggap tidak formal dan kurang sopan.

  1. Pasti Tuliskan Subject

Tips Mengirim Surat Lamaran yang ke 2 – Kesalahan yang sering dijumpai saat mengirimkan lamaran adalah tidak menuliskan subject email. Kenapa subject e-mail sangat penting untuk surat lamaran ? Subject e-mail adalah hal yang pertama kali dibaca oleh recruiter atau HRD. Jika subject e-mail tidak tertulis sesuai format atau bahkan tidak diisi, maka secara otomatis e-mail kamu tidak akan dibaca oleh recruiter . Terkadang di pengumuman lowongan kerja sudah dibubuhkan apa yang harus dituliskan pada subject e-mail, namun jika tidak ada maka tuliskan sesuai dengan tujuanmu, missal sobat oyi mengirimkan surat lamaran untuk posisi Sekretaris maka tuliskanlah subject : “Lamaran Sekretaris” atau “Application for Scretary”.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Rasa Kesal di Tempat Kerja

  1. Tuliskan isi pada body e-mail

Body e-mail sering kali terlewati untuk diisi. Fungsi dari body e-mail adalah untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari e-mail yang dikirimkan. Jika subject e-mail adalah hal yang pertama kali dibaca oleh recruiter, maka body e-mail adalah hal yang menjelaskan subject e-mail. Apabila surat lamaran harus ditulis tangan dan  dilampirkan dalam bentuk foto atau .pdf maka di body tetap harus dituliskan maksud dan tujuan mengirimkan e-mail ini dan menjelaskan dalam e-mail melampirkan apa saja.

  1. Gunakan bahasa yang formal dan sopan

Saat mengirimkan e-mail gunakanlah bahasa formal dan sopan. Bahasa yang formal dan sopan adalah langkah awal yang mengatarkanmu ke tahap selanjutnya. Apabila bahasa yang sobat oyi gunakan kurang formal dan kurang sopan, sudah pasti sobat oyi tidak akan diproses ke tahap selanjutnya.

  1. Hindari singkatan

Tips Mengirim Surat Lamaran – Saat mengirimkan e-mail jangan menggunakan singkatan, karena belum tentu singkatan yang kamu gunakan dimengerti oleh yang membaca e-mail. Gunakan bahasa dengan baik dan benar.

  1. To the point

Jangan bertele – tele saat menyampaikan maksud dan tujuan mengirimkan surat lamaran. Tuliskan dengan singkat dan jelas apa tujuan mengirimkan e-mail.

  1. Perhatikan waktu pengiriman e-mail

Apabila sobat oyi ingin e-mail yang dikirimkan segera dibaca oleh recruiter maka kirimkanlah pada jam kerja. Karena e-mail yang masuk di baris paling atas adalah e-mail baru. Waktu yang tepat untukmengirimkan e-mail adalah pukul 10.00, pukul 13.00, pukul 15.00. di waktu – waktu itulah recruiter biasanya akan membaca e-mailnya.

  1. Lampirkan file sesuai format yang diminta

Tips Mengirim Surat Lamaran – Apabila diminta untuk melampirkan file dan disebutkan format file tersebut, maka ikutilah format yang diminta. Namun jika tidak ada ketentuan untuk format lampiran file, maka gunakanlah format .pdf karena format .pdf adalah format internasional dan mudah dibaca tanpa perlu menginstall tambahan pada perangakt komputer. File yang biasanya perlu dilampirkan adalah resume atau curriculum vitae dan file tambahan lainnya sesuai yang tertera pada pengumuman lowongan kerja.

  1. Gunakan ukuran file yang sewajarnya

Gunakanlah ukuran file yang tidaklebih dari 5 MB. Ukuran file yang terlalu besar kemungkinan tidak akan di download, karena membutuhkan waktu yang lama untuk mendownloadnya. Kompress file yang akan dikirimkan supaya tidak terlalu besar.

  1. Pastikan alamat e-mail penerima sudah benar

Pastikan alamat e-mail tujuan sudah benar, jangan sampai typo saat menuliskan alamat penerima. Karena jika salah satu huruf saja maka surat lamaran kamu tidak akan sampai.


Dari 10 hal diatas, pernahkah sobat oyi melewatkannya ? Jika iya, jangan sampai terulang lagi karena satu kesalahan saja akan membuat lamaranmu batal dibaca oleh recruiter dan kamu tak akan mendapatkan balasan. Berhati – hatilah saat mengirimkan surat lamaran melalui -email. Perhatikan ketentuan yang  diminta olehperusahaan dengan baik supaya tidak terjadi kesalahan, karena satu kesalahan kecil akan berakibat fatal bagi lamaranmu. Nah selamat mencoba untuk mengirimkan lamaran pekerjaan melalui e-mail. Semangat dan jangan pernah menyerah.

Related posts

5 Fakta Mengapa Cowok Bisa Bersikap Cuek

Oyi News

Tips dan Trick Investasi Emas Untuk Pemula

Oyi News

Masuk Pak Eko! Ternyata Sudah Ada Games nya Loo

Oyi News

53 comments

Belajar Tentang Adsense, Apa itu CPC? - ON 12/03/2019 at 12:11

[…] Baca Juga : 10 Tips Mengirim Surat Lamaran Melalui Email […]

Reply

Leave a Comment