4 Langkah Menentukan Karir, Nomor 1 Paling Penting

4 Langkah Menentukan Karir, Nomor 1 Paling Penting
Edukasi

Sobat oyi pernahkah kamu merasa minder ketika akan mengambil sebuah keputusan ? Dalam menjalani kehidupan ini, tentunya akan dihadapkan dengan beberapa macam alternative, baik yang berhubungan dengan kehidupan pribadi, sosial, bahkan hingga ke jenjang karir. Kadang kamu sulit menentukan keputusan yang akan diambil karena dapat berpegaruh untuk kehidupan masa depan. Biasanya  masalah ini sering dialami oleh fresh graduate yang kesulitan dalam menentukan karir. Sebenarnya hal ini bisa dihindari asalkan kamu rajin menggali informasi yang memadai terkait karir yang kamu inginkan. Kali ini oyinews akan membeberkan rahasia 4 Langkah Menentukan Karir. Apa saja yang seharusnya kamu pahami Agar terhindar dari kesulitan menentukan karir.

4 Langkah Menentukan Karir

  1. Mintalah pendapat

Mintalah pendapat orang terdekatmu yang tentunya lebih berpengalaman darimu, seseorng yang lebih berpengalaman akan memberikan nasihat dan sedikit pencerahan dikala hatimu gundah gulana.

Baca Juga: Sudahkah Kamu Mencintai Pekerjaanmu ?

Setelah melakukan ke empat langkah yang sudah oyinews beberkan, lakukan pertimbangan dengan matang dan yang terpenting adalah fokus terhadap penilaian dirimu sendiri. Karena yang mengetahui diri kamu adalah kamu sendiri dan yang menentukan karir gemilangmu adalah diri kamu sendiri bukan orang lain.

  1. Keuangan

Pertimbangkan keuanganmu. Jangan lantaran ingin mendapatkan gaji yang besar kamu melewatkan pekerjaan yang sudah kamu terima karena gaji besar tidak menjamin kebahagiaanmu. Selain gaji yang besar kamu juga harus mempertimbangkan keuangan non gaji misalnya tunjangan dan juga saham.

  1. Cari tahu tentang lingkungan kerja sebelum memutuskan berkarir dibidang itu

Cari informasi sebanyak mungkin tentang sebuah profesi yang akan kamu jalani. Kamu bisa memulainya dari lingkungan kerja yang akan kamu tempati. Karena lingkungan kerja sangat berpengaruh dengan kehidupan karirmu nanti jangan lupa pastikan informasi yang kamu dapatkan akurat.

  1. Pahami karakteristik diri sendiri

Hal yang paling berbahaya adalah ketika kamu tidak mengenali karakter apalagi karakter kamu sendiri. Seperti bakat apa yang kamu miliki, minat yang kamu inginkan, kelebihan yang ada dalam dirimu, serta kelemahan apa yang ada pada diri kamu. Jika saat ini kamu sedang melakukan review terhadap pencapaian selama hidupmu dan binggung karir seperti apa yang kamu impikan. Maka, tidak ada salahnya jika flash back ke masa lalumu siapa tahu dari sana kamu memiliki kesempatan untuk benar – benar mewujudkan cita – cita masa kecilmu.

Itulah dia 4 Langkah Menentukan Karir, janganlah galau atau bimbang. Jika sobat oyi masih belum juga mendapatkan karir yang sesuai dengan harapan bisa jadi karena sobat oyi belum mengenali diri sendiri.

 

 

Related posts

Apa sih Bahayanya Kutu Loncat?

Oyi News

Cara Setting PPOB Pada Komputer [Laptop]

Oyi News

Kok Bisa Sampai Salah Ambil Jurusan? Simak Cara Menyikapi salah Mengambil Jurusan Kuliah Ini

Oyi News

12 comments

Leave a Comment