Apa sih Bahayanya Kutu Loncat?

Kutu Loncat
Edukasi


Kutu Loncat adalah merupakan julukan bagi seseorang yang kegemarannya berpindah – pindah tempat kerja dalam waktu yang singkat, biasanya kutu loncat akan bekerja di suatu perusahaan dalam jangkawaktu kurang dari satu tahun atau satu hingga dua tahun disebuah perusahaan dankemudian berpindah ke tempat kerja lainnya. Kutu loncat selalu mencari lowongandengan giat dan melamar di berbagai perusahaan yang menurutnya lebih prospekuntuk masa depannya. Banyak perusahaan yang tidak menyukai kutu loncat, karenakutu loncat dianggap tidak menguntungkan perusahaan. Seseorang yang memutuskanmenjadi kutu loncat biasanya adalah orang yang pandai melakukan adaptasiterhadap lingkungan baru.

Adaptasi di lingkungan kerja

Adaptasi di lingkungan kerja yang baruadalah hal yang cukup sulit, karena saat hari pertama memasuki kerja terlebih belum ada orang dikenali di kantor tersebut membuat seseorang berubah menjad ipendiam dan harus mengamati lingkungan untuk mengeluarkan kalimat pembuka dengan rekan kerjanya.

Seseorang yang menjadi kutu loncat biasanya adalah orang yang mudah bosan dengan rutinitas dan selalu ingin mencoba hal baru.

Keuntungan menjadi kutu adalah memiliki banyak pengalaman di beberapa kantor yang pernah ia singgahi.

memiliki banyak kenalan jika saat dikantor lamanya dia berbaur dengan karyawan lainnya dengan baik, tidak asing dengan hal baru, selalu berinovasi dan mengetahui perkembangan lowongan perusahaan, memiliki link yang banyak, dan tidak kikuk berhadapan dengan orang baru.

Kelemahan dari kutu loncat adalah, tidak bisa mendalami suatu pekerjaan, selalu merasa tidak puas dengan pencapaian yang sudah didapatkan, dan kadang dihindari oleh beberapa perusahaan.

Kenapa ada perusahaan yang tidak menyukai kutu loncat ?

Kutu loncat dianggap merugikan perusahan,karena hamper semua perusahaan memiliki masa training. Masa training perusahaan berbeda – beda ada yang 3 bulan,6 bulan dan ada juga yang 1 tahun.

Jika perusahaan menerima kutu loncat dan hanya bekerja pada masa training perusahaan tidak bisa mendapatkan hasil kerja nyatanya, sebab harus melakukan seleksi pegawai baru lagi. Dalam melakukan seleksi pegawai baru akan memakan waktu lagi sehingga pekerjaan tidak ada yang menangani.

Perusahaan yang menghindarinya  biasanya akan mengikat pegawainya dengan kontrak kerja. Ketika seseorang sudah menandatangani kontrak kerja maka dia akan patuh dan tunduk karena jika melakukan pelanggaran dia bisa didenda.

Nah sobat oyi, apakah kamu ingin menjadi kutuloncat ? jika iya, maka carilah perusahaan yang tidak ada kontrak kerja yang mengikatmu karena akan membatasi ruang gerakmu dan pastikan kamu memiliki gerakyang gesit ketika sedang melamar pekerjaan.

Namun alangkah baiknya jika kamu segera menentukan ingin bekerja dimana dalam jangka waktu yang lama, karena seiring berjalannya waktu usia yang kamu miliki semakin berkurang dan banyak tempat yang hanya menerima orang – orang berusia muda bahkan sekarang iniperusahaan lebih suka merekrut freshgraduate. Jadi pikirkan lagi keputusanmu jika memang ingin  mencoba menjadi kutu yangg gemar berpindah pindah perusahaan.

Related posts

Hidroponik: Mari cari Tahu Keuntungan dan Kerugiannya

Oyi News

Inilah Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan

Oyi News

Buat CVmu lebih menarik disini

Oyi News

12 comments

Leave a Comment