Resep Berkomunikasi dengan Baik Saat di Kantor

Resep Berkomunikasi dengan Baik Saat di Kantor
OyiNews

Berkomunikasi dengan Baik – adalah kunci untuk dapat bekerja sama dengan baik. Banyak masalah yang muncul ketika komunikas tidak berjalan degan baik. Akibatnya terjadi kesalahpahaman, saling menyalahkan dan kehilangan semangat untuk berbicara degan rekan kerja. Banyak orang yang enggan berkomunikasi lantaran tidak menemukan topik pembicaraan yang tepat. Sehingga pembicaraan hanya sekedar basa – basi tentang cuaca, gossip maupun situasi diluar hal yang diluar nalar dan dari pembicaran ini tidak mendapatkan manfaat apapun. 

Apabila sobat oyi sedang dalam keadaan tersebut, segera lanjutkan pembicaraan basa – basi dilanjutkan dengan fakta yang ingin di share. Dan apapun topiknya bisa dibuat menyenangkan asalkan disampaikan dengan jujur dan penuh respek. Ketika sobat oyi ingin berkomunikasi dengan baik terhadap partner di tempat kerja sebaiknya sobat oyi memperhatikan tigal berikut ini :

Berkomunikasi dengan Baik Saat Berada di Kantor

Menaati aturan main

Sobat oyi harus menyadari kebutuhan berkomunikasi, maka anda harus mentaati alur pembicaraan dan berupaya menjadi pendengar yang baik. Saat berkomunikasi analogikan dengan lampu lalu lintas, ada lampu merah sehingga tau kapan harus berhenti bicara dan menunggu lampu kuning menunggu hijau yaitu kapan harus menunggu giliaran bicara.

Menyepakati topik agar dapat Berkomunikasi dengan Baik

Sebelum berkomunikasi, sobat oyi harus menentukan topik pembicaraan terlebih dahulu. Dengan begitu komunikasi akan berjalan dengan lancer dan dapat mencapai tujuan yang sudah disepakati diawal. Sehingga komunikasi yang dilakukan tidak kesana – kemari dan menemukan solusi atas permasalahan yang sedang dibahas.

Mengakhiri komunikasi dengan cara yang nyaman

Sesingkat apapun komunikasi yang dilakukan dengan orang lain, ucapkanlah terima kasih. Terima kasih untuk memberikan jawaban dari pertanyaan yang sudah diberikan dan juga berterima kasih sudah mau merespon ajakan untuk berkomunikasi. Ucapan terima kasih ini dapat menambah nilai anda didepan lawan komunikasi.

Apapun bidang pekerjaan dan level anda, komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk anda miliki. Sebelum berkomunikasi dengan orang lain, sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu dan sampaikan dengan cara yang tepat, serta berbagai ucapan yang tidak boleh anda katakana di kantor. Jangan pernah anda berkata, “ ini memang bukan ide bagus, tetapi menurut saya ….”. kalimat tersebut terkesan meremehkan lawan bicara anda. Sebaiknya ungkapkan segala sesuatu yang ada dipikiran anda. Tindakan tersebut akan membantu anda melontarkan ide cemerlang dengan percaya diri.

Sementara itu, ketika wawancara kerja untuk berganti di calon tempat kerja yang baru jangan berkata “Saat ini atasan saya killer”. Jika anda mengatakan hal tersebut anda terkesan tidak professional. Dan yang mewawancarai anda justru berpikir dua kali untuk merekrut anda. Sebaiknya saat wawancara anda mengatakan “saya siap menerima tangan baru”.

Baca Juga: Bagaimanakah cara memulai hari pertama masuk kerja ?

Ketika berwawancara kerja, anda jangan menanyakan “Menurut anda, apakah saya cocok bekerja disini ?”. karena posisi anda sedang diwawancarai bukan pewawancara. Lebih baik anda menanyakan tentang ketertatikan anda terhadap perusahaan tersebut. Jangan pula anda menanyakan “Bagaimanakah jam kerja disini ? “ atau “Berapakah jatah cuti yang saya dapatkan ?”. dengan bertanya seperti itu anda terlihat hanya focus pada hak yang akan anda peroleh yang membuat pewawancara berpikir ulang untuk merekrut anda. Lebih baik anda bertanya “Bagaimana gambaran tugas harian disini ? ”. Karena pertanyaan tersebut menggambarkan ketertarikan bekerja diperusahaan tersebut.

Related posts

Informasi Museum Teratas di Indonesia Yang Harus Anda Tahu

Oyi News

10 Tips Mengirim Surat Lamaran Melalui Email

Oyi News

Sudahkah Kamu Mencintai Pekerjaanmu ?

Oyi News