Bolehkah Menanyakan Hasil Wawancara Kerja ke Perusahaan ?

hasil wawancara kerja
OyiNews

Hello sobat oyi, pernahkah kamu menunggu – nunggu hasil wawancara kerja di suatu perusahaan ? rasanya pasti tidak menentu,   Apalagi jika sudah dijanjikan akan dihubungi satu minggu atau dua minggu kemudian. Dan kamu pastinya berharap segera ingin bekerja. Sebenarnya sah saja jika kamu menanyakan tentang bagaimana hasil wawancara kerja yang sudah kamu lakukan di suatu perusahaan, karena itu adalah hak kamu. Asal mengerti aturan – aturan berikut ini  :

hasil wawancara kerja

  1. Mengetahui tenggang waktu

Biasanya setelah melakukan tes atau wawancara, HRD akan memberikan tenggang waktu kapan akan dihubungi lagi. Misalnya kamu wawancara di Hari Selasa pada tanggal 20 November 2018 kemudian HRD menyampaikan akan menghubungimu lagi setelah satu atau dua minggu dari ini. Jadi kamu baru boleh menghubunginya lagi setelah lewat tanggal 4 Desember 2018. Jika sampai tangal 4 atau 5 Desember 2018 kamu belum lagi dihubungi, maka kamu boleh melakukanlah follow up karena bisa saja HRD lupa menghubungimu, jadi kamu akan dianggap antusias oleh HRDnya jika memberikan follow up terlebih dahulu. Namun jangan sampai kamu melakukan follow up sebelum tanggal 4 Desember 2018 karena kamu akan dianggap tidak sabaran sebab proses penilaiannya belum selesai karena memang dijanjikan akan dihubungi setelah satu atau dua minggu.

  1. Menggunakan Bahasa yang sopan dan formal saat menanyakan hasil wawancara kerja

Gunakanlah Bahasa yang sopan dan formal ketika melakukan follow up. Karena Bahasa yang sopan dan formal akan membuat kamu terlihat memiliki integritas yang patut diperhitungkan. Jika kamu melakukan follow up melalui e-mail, balaslah pada thread yang sudah kamu lakukan untuk berkomunikasi dengan perusahaan, dan jika kamu melakukan follow up dengan chat maka kirim chatmu saat jam kerja. Jangan menggunakan singkatan yang bisa menimbulkan makna ambigu, serta jangan lupa ucapkan terimakasih dan sampaikanlah permohonan maafmu di awal percakapan. Apabila kamu akan melakukan follow up melalui telepon, terlebih dahulu konfirmasikan melalui komunikasi tertulis baik melalui email ataupun chat karena tidak semua kondisi bisa menerima telepon.

  1. Menggali informasi lebih jauh tentang perusahaan tersebut

Sebelum melakukan follow up terhadap perusahaan, carilah informasi mengenai perusahaan tersebut. Karena ketika kamu melakukan follow up, kamu akan dianggap antusias dan siap untuk bekerja disana. Jadi jangan sampai kamu menyesal setelah kamu bekerja disana. Usahakan kamu sudah memahami banyak informasi dari perusahaan tersebut.

  1. Ada sebuah kriteria tentang mampu berkomunikasi dengan baik

Follow up tentang hasil tes dan wawancara akan menjadikan dirimu memiliki nilai tambah ketika di posisi yang kamu lamar ada sebuah kriteria tentang mampu berkomunikasi dengan baik. Karena dengan melakukan follow up artinya kamu mampu memberikan komunikasi dua arah dan kamu tidak akan merasa menunggu.

  1. Saat wawancara kamu merasa mendapat respon positif

Ketika akan melakukan follow up pastikan saat wawancara kamu ditanggapi positif karena ketika saat wawancara respon dari sana sudah negative sudah pasti hasilnya adalah tidak diterima. Ciri – ciri wawancara yang mendapat respon positif adalah, kamu nyaman saat melakukan wawancara dan pewawancara juga menunjukkan ketertarikannya kepadamu.

  1. Jangan terburu –buru

Jangan terburu – buru melakukan follow up, tunggulah maksimal satu bulan untuk melakukan follow up karena kamu harus menyadari bahwa yang melakukan tes dan wawancara bukan hanya kamu.

Nah sobat oyi, apakah kamu masih ragu untuk menanyaan hasil tes dan wawancaramu ? jangan ragu lagi, segera lakukan follow up jika kamu sudah memahami poin – poin diatas.

 

 

Related posts

Fakta Film The Nun yang Mungkin belum Anda Ketahui

Oyi News

Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan Supaya Tidak Jadi Kutu Loncat

Oyi News

Kejadian Seram Saat Syuting Film Horor

Oyi News

Leave a Comment