Bagaimanakah cara memulai hari pertama masuk kerja ?

Bagaimanakah cara memulai hari pertama masuk kerja ?
OyiNews

Masuk kerja untuk pertama kalinya merupakan saat yang sangat mendebarkan bagi siapa saja, meskpiun kamu sudah pernah bekerja ditempat sebelumnya akan tetapi kamu pasti merasakan sensasi baru ditempat kerja yang baru, karena belum ada satu orang pun yang kamu kenal dan juga kamu belum mengetahui apa yang kamu lakukan kecuali sudah ada satu atau doa orang yang memang adalah teman lama kamu sehingga bisa berbincang dengan dia di waktu istirahat.

Masuk kerja

Hari pertama masuk kerja merupakan kesan awal yang akan dikenang oleh rekan kerja kamu, maka jangan sampai kamu menimbulkan kesan yang buruk. Bagaimanakah cara memulai hari pertama masuk kerja ? oyinews telah melansir dari berbagai sumber dan juga beberapa pengalaman dari orang yang sering berpindah – pindah tempat kerja. Berikut adalah hasil ulasan nya :

1. Tersenyumlah

Tersenyumlah kepada semua orang yang kamu temui, karena senyum itu menular sehingga orang yang kamu temui akan tersenyum kepadamu juga. Dan senyum simpul saja jangan terlalu lebar atau terkesan cenggengesan. Tunjukkan senyuman manis dan sopan.

2. Sapalah orang yang kamu temui

Menyapalah terlebih dahulu dengan sapaan secara umum, misal orang yang kamu temui terlihat masih muda sapalah menggunakan “mbak” atau “mas” bisa juga menggunakan panggilan “kak” akan tetapi jika orang yang kamu temui sudah telihat berumur maka sapalah menggunakan “Bu” atau “Pak”. Tentu saja saat menyapa, harus diiringi dengan senyuman.

3. Kenalkan dirimu saat pertama kali masuk kerja

Setelah menyapa dan tersenyum, kenalkanlah nama kamu dan beritahukan bahwa kamu adalah orang baru dari divisi yang meloloskanmu. Dari situ kamu bisa mengetahui respon orang yang kamu temui, dan berkatalah, mohon bantuannya. Kalimat itu terbukti ampuh, ketika kamu menemui kesulitan di awal mengerjakan pekerjaanmu orang tersebut akan senang membantumu karena sudah mengetahui bahwa kamu adalah orang baru yang masih butuh adaptasi.

4. Amati sekitar dan segera carilah teman mengobrol saat istirahat

Setelah berkenalan, maka amatilah keadaan sekitar tentang bagaimana kondisi saat bekerja dan bagaimana mereka mengerjakan pekerjaanya. Setelah itu segera bidik sasaran yang sekiranya bisa diajak untuk mengobrol nanti saat istirahat. Yang paling mudah adalah orang yang ada di samping tempat dudukmu, buat orang tersebut nyaman mengobrol denganmu.

5. Berkumpullah dengan mereka

Jangan menyendiri! Sebagai orang baru yang belum banyak tahu, sebaiknya kamu menempatkan diri disamping kumpulan orang – orang. Meskipun kamu hanya diam dan mendengarkan pembicaraanya. Jangan duduk terlalu jauh dengan orang yang sudah lama disana. Dengan duduk mendekat maka kemungkinan kamu diajak mengobrol atau mengajak mengobrol semakin banyak.

6. Carilah topik

Saat kamu mengamati keadaan sekitar dan saat mereka membiacarakan suatu topik, berusahalah untuk hanyut dalam pembicaraan mereka dan tidak ada salahnya sesekali menimpali mereka berbicara asalkan waktu dan kalimat yang kamu gunakan memang tepat. Atau jika tidak ada topik mulailah topik dengan menanyakan tentang bagaimana lingkungan kerja disini, misalnya menanyakan tempat makan siang disekitar sini atau berapa jumlah orang dalam divisi kamu. Supaya suasana lebih hidup dan kamu tidak kikuk. Jika kamu malu untuk memulai berbicara, maka ikutlah saja pembicaraan mereka.

7. Bertanyalah

Sebagai anak baru, kamu harus banyak bertanya tentang pekerjaan yang nantinya kamu lakukan. Dengan bertanya kamu dianggap antusias dalam melakukan pekerjaanmu. Bertanyalah hanya hal yang memang belum kamu pahami saja, jangan menanyakan hal – hal yang sensitive terhadap rekan kerja kamu. Misalnya menanyakan berapa gaji yang diperoleh rekan kerja barumu. Tanyakan hal terkait apa yang harus kamu lakukan saat bekerja saja.

8. Pakai pakaian yang sopan

Saat memulai bekerja, pastikan pakaian yang kamu kenakan dan sesuai dengan bidang pekerjaanmu. Jangan berpakaian yang terlalu berlebihan, misalnya jika kamu adalah seorang admin maka berpakainlah yang sopan menggunakan kemeja dan celana atau rok yang panjang. Jika kamu perempuan bisa juga menggenakan rok pendek asal tidak melebihi lutut. Apabila kamu seorang pekerja di bidang IT seperti programmer, tidak perlu mengenakan jas atau blazer karena itu tidak diperlukan. Kecuali jika memang diharuskan memakai seperti itu.

9. Jangan berlebihan

Terutama untuk perempuan, jangan menggunakan make up yang terlalu tebal. Kecuali jika kamu diharuskan menggunakannya. make up yang terlalu tebal akan menyita perhatian orang – orang disekitarmu, jika di kantor barumu tidak diharuskan untuk melakukannya.

10. Berilah kabar

Jika kamu ada keperluan yang mengharuskan kamu untuk datang terlambat atau tidak masuk kerja, mintalah ijin kepada atasan atau beritahu rekan kerjamu supaya jika ada pekerjaan yang harus kamu lakukan bisa segera di backup oleh orang lain. Dan usahakan ketika memberi kabar jangan mendadak, supaya rekan kerjamu tidak kaget ketika harus mendapat limpahan pekerjaan darimu.
Nah sobat oyi, sudah tahu kan apa yang harus kamu lakukan saat pertama kerja ? jangan merasa minder dan malu untuk memulai menyapa duluan, karena ini adalah modal awal untuk beradaptasi di lingkungan baru. Meskipun terkadang sulit untuk berada diantara orang yang belum kenal, akan tetapi kamu bisa melewatinya jika kamu melakukan 10 hal diatas. Selamat mencoba dan selamat bekerja.

Related posts

Jangan Langgar 5 Aturan ini Demi Memilih Karir Mu !

Oyi News

Informasi Museum Teratas di Indonesia Yang Harus Anda Tahu

Oyi News

Mengungkap Misteri Tentang Segitiga Bermuda

Oyi News

12 comments

Leave a Comment