Langkah Aman Untuk Membeli Smartphone Bekas

Langkah Aman Untuk Membeli Smartphone Bekas
Tech

Di era digital seperti sekarang ini smartphone menjadi kebutuhan setiap orang, mulai dari anak – anak hingga orang tua guna untuk alat komunikasi, bisnis, maupun hiburan. Dan hampir  tiap bulan ada model smartphone terbaru. Harga smartphone sangat bervariasi tergantung spesifikasi dan juga merknya.  Terkadang masih banyak orang yang menginginkan smartphone dengan spesifikasi yang bagus dan bermerk namun low budget. Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang seperti ini, membeli smartphone bekas adalah pilihan yang tepat. Karena kamu bisa mendapatkan sesuai yang kamu mau tetapi kamu harus mengetahui Langkah Aman Untuk Membeli Smartphone Bekas, masih banyak orang yang was – was ketika akan membeli smartphone bekas. Sebab takut tertipu oleh penjual bodong.

Langkah Aman Untuk Membeli Smartphone Bekas

Nah, kali ini oyinews akan merangkum tips Langkah Aman Untuk Membeli Smartphone Bekas . Simak ulasannya berikut ini :

  1. Kenali penjualnya

Carilah informasi pengenai penjualnya, alangkah baiknya jika kamu akan membeli dari teman dekat atau saudara karena kamu sudah mengenalnya sejak lama sehingga sangat kecil kemungkinan akan menipu kamu. Atau jika akan membeli di situs jual beli online, carilah review penjualannya terlebih dahulu, dan wajib hukumnya stalking si penjual sebelum benar – benar memutuskan untuk membeli di situ.

  1. Carilah barang yang masih bergaransi

Cari barang yang masih bergaransi, usahakan garansi yang dimiliki masih lama dan baru dipakai beberapa bulan. Kalau memang smartphone yang kamu incar mayoritas garansinya sudah habis setidaknya kamu tahu masa penggunaannya  belum sampai 2 – 3 taun.

  1. Perhatikan kelengkapan smartphone

Kelengkapan  smartphone merupakan parameter kualitas yang wajib banget diperhatikan, kelengkapan seperti :

  • Tombol home, tombol power, tombol volume. Pastikan masih empuk dan berfungsi dengan baik.
  • Cek keaslian earphone
  • Pastikan adapter charger dan kabel USB berfungsi dengan baik
  • Pastikan jack audio tidak tersendat
  • Pastikan speaker dan microphonenya masih nyaring dan tidak terdengar pecah
  • Pastikan kepekaan layar di semua area, bagian atas bawah, kanan kiri hingga sudut layar,  dan sensor rotasinya pastikan masih berfungsi dengan baik
  • Cek sinyal smartphonenya, WiFi, bloetooth
  • Cek pastikan nomor IMEI sama dengan yang ada di dosbox, cara mengecek nomor IMEI dengan mengetik *#06#
  • Pastikan batrainya masih berfungsi dengan baik dan tahan lama
  • Saat melakukan reset ke pengaturan awal atau factory reset lakukan saat masih bersama pemilik lamanya, hal ini dimaksudkan mengindari  jika setelah di kembalikan ke pengaturan awal smartphone tidak bisa digunakan karena  ada tipe Operating System (OS) yang dilindungi (dipasang password) harus memverifikasi ulang kepemilikan dengan akun google yang sudah dipasang oleh pemilik lama.

Baca Juga: Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang

  1. Cek bersama penjualnya

Ketika melakukan pengechekan langkah nomor 3, pastikan kamu mengecheck bersama penjualnya jadi sama – sama mengetahui kondisiya.

  1. Lakukan riset harga pasar sebelum membeli

Lakukan riset harga, supaya saat menawar tidak terlalu murah dan tidak kemahalan

  1. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki

Ini yang paling penting, tentukan budget yang kamu miliki jangan sampai melebihi yang sudah kamu sediakan karena nanti akan membuatmu bimbang ketika akan menentukan smartphone mana yang akan kamu beli karena seperti yang sudah kita ketahui ada harga ada mutu.

  1. Jangan buru – buru

Ketika sudah menemukan merk dan spesifikasi yang sesuai seperti kebutuhan jangan langsung membelinya, kamu perlu membandingkan lagi apakah masih ada yang lebih baik dari yang sudah kamu temukan itu supaya tidak meyesal dikemudian hari. Jika sudah menemukan yang terbaik dari yang ada, maka pilihlah dan bayarlah smartphone tersebut.

Itulah tips dari oyinews mengenai Langkah Aman Untuk Membeli Smartphone Bekas agar terhindar dari penjual bodong. Dan tetaplah berhati – hati saat melakukan transaksi.

Related posts

Spesifikasi Oppo F9 Yang Sukses Membuat Banyak Orang Kagum

Oyi News

Sony action cam RX0 II, kamera Terkecil dan Teringan di Dunia

Oyi News

Tips Memilih Laptop Yang Tepat Untuk Mahasiswa

Oyi News

5 comments

Leave a Comment