Manfaat Yang Terkandung Dari Kantong Teh Celup

Manfaat Yang Terkandung Dari Kantong Teh Celup
Edukasi

Manfaat Yang Terkandung Dari Kantong Teh Celup – Minuman teh sudah tidak asing lagi di seluruh dunia dan sudah dikenal di negara manapun. Salah satu negara industri teh adalah Indonesia walaupun Indonesia masih bukan negara penikmat teh terbesar di dunia. Teh yang paling dikenal di Indonesia adalah teh melati. Minuman teh yang juga diseduh dengan air panas ini ternyata mengandung kafein seperti kopi, sehingga punya takaran maksimal boleh diminum berapa kali dalam sehari. Air teh berasal dari daun yang direbus, pucuk daun dan batang tumbuhan yang mempunyai bahasa latin Camellia dengan varietas yang bermacam-macam, prosesnya disebut infusi. Ada juga jenis teh yang diseduh dari buah, rempah-rempah dan tanaman obat lainnya dan disebut teh herbal.

Umumnya teh dibuat dengan mengeringkan daun teh yang telah dipetik sebelum layu dan mengalami oksidasi. Daun teh yang mengalami terlalu banyak oksidasi menjadi semakin tidak baik. Namun, teh basi yang telah mengalami oksidasi karena dibiarkan semalaman, justru baik untuk kecantikan khususnya kulit dan rambut. Karena kafein yang terkandung di dalam teh mengalami fermentasi dan ditumbuhi jamur sehingga bersifat karsinogenik sangat bermanfaat.

Setelah menghidangkan teh celup, ternyata teh celup bekas mempunyai banyak manfaat. Jadi, bekas dari kantong teh tersebut jangan langsung di buang, karena masih ada khasiat yang bisa kita manfaatkan. Berikut ini penjelasannya :

Sebagai obat untuk kulit yang terbakar sinar matahari

Sebagai obat untuk kulit yang terbakar sinar matahari
Apabila kulit anda terbakar akibat sinar matahari yang berlebihan, tentunya kulit akan terasa perih dan sensitif jika disentuh. Untuk meredakannya, gunakan kantong teh celup dingin lalu kompreskan di area kulit yang terbakar agar rasa perih segera berkurang. Kantong teh tersebut juga dapat digunakan di dalam air mandi, bilaslah area terbakar dengan menggunakan air tersebut.

Baca Juga : Aktivitas Positif Mengisi Waktu Luang Setelah Kuliah

Membuat rambut lebih berkilau

Membuat rambut lebih berkilau

Celupkan kantong teh ke dalam air untuk membilas rambut pada saat anda keramas. Lakukan secara rutin pada saat anda keramas, air bilasan yang sudah tercampur dengan ampas kantong teh tersebut akan membantu rambut anda menjadi halus dan terlihat lebih berkilau.

Manfaat Yang Terkandung Dari Kantong Teh Celup Untuk Membersihkan wajah kusam

Membersihkan wajah kusam
Daun teh hijau kering di dalam kantong teh celup memiliki khasiat bagi wajah. Caranya mudah, buka atau robek kantong teh yang sudah dipakai, keluarkan isinya dan taruh ke dalam mangkuk. Kemudian tuangkan satu sendok makan madu dan tepung beras secukupnya. Aduk hingga rata, lalu oleskan ke wajah. Gosok dengan perlahan dan biarkan sekitar 5 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Cara ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan madu dan tepung beras juga untuk menghaluskan serta menghilangkan noda bekas jerawat.

Mengatasi kantong mata dan mata lelah

Mengatasi kantong mata dan mata lelah

Apabila mata anda lelah dan berkantong akibat kegiatan yang cukup padat atau kurang tidur, kantong teh celup bisa jadi solusi. Caranya, celupkan kantong teh yang telah terpakai ke dalam air es sampai benar-benar dingin. Lalu kompres pada area sekitar mata, diamkan sekitar 10 menit. Mata anda akan menjadi lebih segar. Lakukan dengan rutin agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan kantong mata bisa hilang perlahan-lahan.

Mengobati Bisul

Bisul juga dapat diobati dengan kantong teh celup. Kompres bisul dengan kantong teh celup bekas selama kurang lebih 10 sampai 15 menit, lalu biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan secara rutin, dalam beberapa hari bisul akan lenyap.

Membersihkan noda pada kaca dan alat masak

Membersihkan noda pada kaca dan alat masak
Gunakan sisa cairan pada kantong teh celup sebagai bahan pembersih noda pada kaca atau cermin. Selain itu juga dapat menghilangkan lemak membandel pada peralatan masak. Caranya cukup dengan meneteskan sisa teh yang ada pada alat masak atau pada cairan pembersih. Lemak dan kotoran yang membandel dijamin akan hilang.

Related posts

Selamatkan Diri Dari Gempa Saat di Dalam Gedung

Oyi News

Buat CVmu lebih menarik disini

Oyi News

Aktivitas Positif Mengisi Waktu Luang Setelah Kuliah

Oyi News

4 comments

Leave a Comment