6 Hal Yang Harus Anda Punyai Untuk Menciptakan Peluang Bisnis

6 Hal Yang Harus Anda Punyai Untuk Menciptakan Peluang Bisnis
OyiNews

cara menciptakan peluang bisnis bagi pemula – Kesuksesan yang di dapat dari membangun bisnis adalah dengan menciptakan peluang usaha sendiri. Bagi Anda yang merasa bosan dengan pekerjaan yang anda lakukan dan menginginkan bidang usaha yang tak terikat kontrak oleh siapapun, maka berwirausaha jawabannya. Dengan berwirausaha Anda akan membuka peluang bagi diri Anda sendiri dan Orang lain. Berarti, menjadi seorang wirausahawan tidak akan mengubah status Anda menjadi pengusaha melainkan juga akan membantu orang lain untuk mendapat pekerjaan.

Untuk dapat menciptakan peluang usaha yang bagus bukanlah hal yang mudah, diperlukan waktu,  ide usaha, modal, dan mengetahui cara menciptakan peluang bisnis bagi pemula yang harus Anda ketahui, di padukan dengan pemilihan tempat yang pas, agar usaha yang akan anda jalankan bisa berjalan dengan lancar dan mampu bersaing dengan para pesaing lainnya. Sangat susah untuk melakukan semua itu. Akan tetapi hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk Anda berhenti menciptakan peluang usaha. karena banyak hal yang harus anda pelajari dari pengalaman para wirausahawan yang telah sukses, agar anda dapat menemukan jawabannya dan kali ini OyiNews akan memberikan berbagai cara menciptakan peluang bisnis bagi pemula.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Indonesia yang Jarang Diketahui

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bermimpi, Banyak orang yang enggan untuk bermimpi menjadi sukses, apalagi dengan berbagai macam persoalan yang ada, dan ke-tidak pastian perekonomian Indonesia yang menambah Anda enggan bermimpi menjadi seseorang yang sukses. Karena jika Anda enggan bermimpi menjadi orang yang sukses, selamanya Anda akan menjadi orang kecil. Semua berawal dari bermimpi. Setelah puas bermimpi lakukan apa yang ingin anda lakukan agar mimpi anda menjadi kenyataan. Dimulai dari yang sederhana:

cara menciptakan peluang bisnis bagi pemula

1.Mencari Ide, gagasan untuk peluang usaha Anda

 

Mencari ide ataupun gagasan merupakan hal pertama kali yang harus Anda lakukan. Untuk menciptakan peluang usaha bisa dimulai dari mencari informasi di sekitar Anda, misalnya dengan mencari informasi usaha apa yang masih belum ada di Kota Anda atau Anda juga bisa melihat usaha apa yang lagi trending Tahun ini. Dari situlah Anda bisa mencari solusi, apa yang akan Anda lakukan selanjutnya.

 

2.Manfaatkan peluang yang ada

 

Manfaatkan peluang yang ada untuk membuka usaha yang Anda inginkan. Bukan hanya mencari ide, Anda juga harus memanfaatkan peluang yang ada. Contohnya: Jika Anda menginginkan untuk membuka usaha rumah makan, dan kebetulan di rumah Anda terdapat alat-alat yang mendukung untuk bisnis rumah makan Anda, Anda bisa menggunakan alat-alat tersebut untuk meminimalkan jumlah pengeluaran Anda.
Kemampuan Manfaatkan peluang yang ada inilah yang akan membantu Anda dalam meminimalisir pengeluaran.

 

3.Berani Mengambil Resiko

 

Janganlah takut untuk mengambil resiko, Berani mengambil resiko adalah salah satu kunci awal dalam berwirausaha. Karena semakin besar Anda untuk berani mengambil Resiko berarti Anda juga mempunyai peluang yang besar untuk membuat mimpi Anda menjadi kenyataan.

 

4.Perhatikan nilai tambah produk Anda

 

Nilai tambah adalah hal yang wajib di pertimbangan ketika Anda ingin membuka usaha yang selama ini Anda inginkan. Pastinya untuk dapat bersaing dengan produk produk dari kompetitor lain produk Anda harus memiliki nilai lebih dibanding pesaing Anda.
Nilai tambah tidak harus di ukur dari nilai harga yang lebih murah. Nilai tambah bisa di ukur dari bagaimana Anda memasarkan produk Anda atau dapat di lihat dari segi kualitas produk yang ingin Anda pasarkan, jadi Anda tidak harus selalu bersaing dalam system harga saja.

 

5.Mulai dari yang kecil untuk mendapatkan hasil yang lebih besar

 

Jika Anda masih takut bersaing dalam dunia bisnis dengan resiko yang berat, tak ada salahnya untuk Anda mulai mencoba dengan hal kecil dahulu. Setelah Anda mendapatkan kesuksesan kecil, maka akan timbul niat baru untuk mencoba hal-hal yang besar. Tentu saja dengan resiko yang besar juga.
Intinya jadikan usaha kecil anda sebagai batu loncatan untuk membuat usaha yang lebih besar lagi, baik dalam hal dana, pasar, ataupun persaingan.

 

6.Jangan pernah merasa puas

 

Jangan pernah merasa puas akan hasil usaha anda yang telah terkenal. Buatlah inovasi agar usaha Anda selalu dapat perhatian tersendiri. Karena tantangan terbesar dalam membuka usaha bukan terletak pada puncak kesuksesan, tetapi bagaimana cara Anda dalam mempertahankan usaha Anda agar selalu berada di puncak.

Inovasi adalah kuncinya. Masih ingat dengan kisah NOKIA. Salah satu produk ponsel yang pernah tenar  pada tahun 2000 an yang bersikokoh bahwa operasi sistemnya tetaplah yang terbaik. Kini pengguna NOKIA yang memiliki sistem operasi symbian berubah haluan ke Android, dan menyebabkan kebangkrutan bagi Perusahaan NOKIA. Sama halnya dengan Usaha Anda, jangan pernah merasa puas. Jikalau usaha Anda telah terkenal, semakin terkenalnya usaha Anda persaingan yang harus Anda lalui semakin berat. Terus lah berpikir kritis, jika lengah maka lawan tak akan segan untuk menggantikan posisi Anda sebagai juara.
Itulah dia

cara menciptakan peluang bisnis bagi pemula

yang telah OyiNews berikan diatas. Sebagai pencerahan bagi Anda yang ingin memulai usaha baru.

Related posts

Menulis Buku harian ternyata ada manfaatnya loh!

Oyi News

Cara Membuat Bisnis Online Berkembang

Oyi News

Sekretaris Pribadi BJ.Habibie dan Presiden Jokowi Membesuk Habibie di RSPAD hari ini

Oyi News

12 comments

Leave a Comment