Menulis Buku harian ternyata ada manfaatnya loh!

Menulis Buku harian ternyata ada manfaatnya loh!
OyiNews

Hello sobat oyi, tahukah kamu bahwa Menulis Buku harian ternyata ada manfaatnya lo yang tidak kita duga duga. Saya selalu menuliskan buku harian saat merasa galau atau ingin bercerita kepada seseorang. Tidak jarang yang menganggap saya terlalu lebay atau dramatis. Bahkan beberapa orang merasa repot jika harus menulis buku harian. Namun setelah saya baca buku diari yang sudah saya tulis beberapa tahun yang lalu ternyata buku diari ini sangat berguna bagi saya. Yaitu untuk menyusuk rencana dan melakukan instropeksi. Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana teknik yang efektif untuk menulis buku harian.

Menulis Buku harian ternyata ada manfaatnya

Dalam Menulis Buku harian ternyata ada manfaatnya, hanya ada 3 hal yang harus anda tulis. Ketiganya adalah :

  • Kegagalan atau kesulitan yang dihadapi pada hari itu.
  • Hal yang paling berkesan pada hari itu.
  • Rencana yang akan dilakukan pada esok hari.

Kamu, tidak perlu menuliskan semua yang kamu alami pada hari itu dan juga tidak perlu panjang – panjang ketika menuliskannya. Cukup tiga hal diatas yang harus kamu tuliskan.

Baca Juga : Olah Raga di Malam Hari Ternyata Baik Bagi Tubuh

Mengapa hanya tiga hal diatas ?

Karena tiga hal tersebut penting untuk anda renungkan. Dengan meluangkan waktu untuk merenungkan kegagalanmu, kamu akan bisa mengambil langkah untuk memperbaiki kegagalan yang sudah kamu alami dan tidak melakukan kegagalan yang sama di kemudian hari.

Hal yang paling berkesan pada hari itu, akan membuatmu menyadari bahwa dalam kegagalanpun, masih ada hal baik yang patut kita syukuri di hari itu.

Setelah itu, barulah menyusun rencana untuk melakukan tugas atau kegiatan di hari esok dengan lebih baik lagi.

Banyak dokter di Jepang yang menuliskan kegagalan – kegagalan mereka dalam sebuah buku sebagai sarana untuk belajar. Sedangkan dokter – dokter di Eropa lebih senang menuliskan kesuksesannya dalam catatan. Kedua hal ini memiliki maksud dan tujuan yang sama, yaitu sebagai pembelajaran dan motivasi supaya lebih baik lagi akan tetapi, jika hanya akan menuliskan hal yang baik saja bisa jadi membuat kamu merasa sudah baik dan tidak perlu diperbaiki, tetapi jika kamu hanya menuliskan kegagalanmu saja rasa cemas akan selalu menghantuimu dan kamu tidak memiliki motivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Maka dari itu  yang harus kamu lakukan adalah menuliskan sesuai urutan yang sudah saya berikan di atas guna untuk menyeimbangkan perasaanmu.

Simpanlah buku harianmu disamping tempat tidur sehingga sesaat sebelum tidur setiap malam kamu akan ingat untuk menuliskannya. Dengan demikian, menulis buku harian akan menjadi sebuah kebiasaanmu. Dan jangan lupa tentukan waktu dan batasan mengenai hal apa saja yang ingin kamu tuliskan di buku harianmu sendiri sehingga menulis buku harian akan menjadi kebiasaanmu. Selamat mencoba sobat oyi!

Related posts

Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan Supaya Tidak Jadi Kutu Loncat

Oyi News

Yuk Ketahui Keuntungan Mozilla Firefox dan Kerugiannya

Oyi News

Ahmad Dhani Di Tolak di Tempat kelahirannya dikarenakan Hal ini

Oyi News

9 comments

Leave a Comment