Olah Raga di Malam Hari Ternyata Baik Bagi Tubuh

Olah Raga di Malam Hari Ternyata Baik Bagi Tubuh
Kesehatan

Olah Raga di Malam Hari – Olah raga adalah aktifitas yang sangat baik bagi tubuh anda guna untuk menjaga kesehatan. Selama ini sobat oyi tentu tahu, banyak orang yang memilih melakukan jalan – jalan di pagi hari daripada di malam hari. Dan banyak orang yang berpendapat bahwa, olah raga pagi sangatlah baik bagi tubuh. Hal ini terbantahkan oleh penelitian yang dilakukan oleh dosen dan juga dokter di salah satu Universitas yang ada di Jepang.

Olah Raga di Malam Hari

Penelitian yang dilakukan oleh Kobayashi, M.D., Ph.D tahun 2011. Menghasilkan fakta bahwa, udara di pagi hari memang baik untuk kesehatan karena udaranya masih bersih. Akan tetapi, kondisi tubuh dipagi hari tidak dalam kondisi yang baik sehingga olah raga di pagi hari tidak baik bagi otot tubuh. Otot masih kaku karena tubuh masih didominasi oleh system saraf simpatik. Pembuluh darah menyempit dan membuat otot menjadi lebih tegang. Apalagi jika dilakukan oleh lansia, akan sangat berbahaya.

Baca Juga: Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang

Tenaga medis atau orang – orang yang berkecimpung didunia kesehatan sudah lama mengetahui tentang hal – hal yang beresiko tinggi ini, jika dilakukan dipagi hari. Karena tubuh belum stabil saat pagi hari, memang benar, olah raga dipagi hari menimbulkan semangat dalam diri anda. Namun perlu diketahui, setelah itu tubuh akan terasa lelah hingga ketelitian saat bekerja atau belajar akan menurun.

Waktu Yang Tepat Untuk Olah Raga di Malam Hari

Waktu pagi merupakan waktu yang baik bagi otak karena otak berfungsi sangat aktif, maka dari itu sayang sekali jika waktu pagi dihabiskan hanya untuk melakukan aktivitas yang menguras tenaga, alangkah baiknya jika saat pagi digunakan untuk aktifitas yang menggunakan otak.

Jadi, olah raga yang efektif adalah selambat – lambatnya 1 jam sebelum tidur. Berjalan perlahan – lahan selama sekitar 30 menit adalah olah raga ideal karena system saraf parasimpatik mendominasi pada waktu tersebut. Perlu digaris bawahi, olah raga yang dimaksudkan disini adalah olah raga ringan, bukan olah raga berat. Batasi olah raga yang meningkatkan denyut jantung hingga membuat anda bernapas terengah – engah.

Setelah seharian bekerja dari pagi hingga sore, terutama bagi orang yang bekerja dalam posisi duduk perlu ber-olahraga, karena duduk dalam waktu lama mengakibatkan otot menjadi kaku. Mengapa mereka yang bekerja dengan duduk dan tidak banyak melakukan aktifitas fisik  tetap merasa lelah ? karena aliran darah tidak berjalan dengan baik.

Resiko Tidak Ber – Olahraga

Kelelahan yang dialami setelah bekerja seharian justru akan hilang dengan melakukan Olah Raga di Malam Hari.  Karena akan memperbaiki aliran darah yang sempat terganggu saat siang hari. Dengan berolah raga dimalam hari, akan mengurangi resiko cidera otot, mengurangi rasa nyeri pada bahu, leher serta pinggang, dan memperbaiki kualitas tidur.

Bagi anda sobat oyi, yang saat bekerja lebih banyak duduk di kursi, cobalah melakukan olahraga ringan di malam hari menjelang tidur supaya badan anda rilkes dan tidur nyenyak sehingga bisa menjalani aktifitas esok hari dengan lebih semangat.

 

Related posts

Aloe Vera untuk Rambut Anda: Apa Manfaatnya?

Oyi News

Memanfaatkan Ampas Teh Hitam Untuk Kecantikan

Oyi News

Peran Penting dan Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Oyi News

12 comments

Leave a Comment