Penyebab Kegemukan yang Harus di Hindari

Penyebab Kegemukan yang Harus di Hindari
Kesehatan

Berat badan akan terjadi ketika kalori yang dibakar tubuh sangat sedikit daripada kalori yang masuk dari proses metabolisme seperti makan. Namun terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi berat badan seseorang. Kali ini Oyinews akan membahas Penyebab Kegemukan yang Harus di Hindari, penasaran apa saja? Yuk ikuti ulasan berikut ini.

Penyebab Kegemukan yang Harus di Hindari

  1. Kelebihan asupan kalori dan kurangnya aktifitas fisik

Kelebihan kalori terjadi ketika anda sering mengkonsumsi latte, burger, kentang goreng, donat, pizza, alkohol, cokelat, pasty, es krim, minuman bersoda, fast food dan makanan lainnya. Sebisa mungkin hindari makanan tersebut. Tapii, bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsinya, jika anda adalah penggemar makanan yang mengandung kalori tinggi jangan hawatir anda masih boleh mengonsumsinya namun jangan sampai melewatkan olah raga setelah mengonsumsi makanan tersebut. Karena jalan satu – satunya untuk menghindari timbunan kalori yang nantinya akan berubah menjadi lemak adalah dengan melakukan olahraga. Olah raga yang harus anda lakukan adalah olah raga ringan, seperti jogging atau berjalan selama 30 menit dalam setiap harinya.

Penyebab Kegemukan yang Harus di Hindari

Baca Juga: Inilah Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan

  1. Gaya hidup

Sudah dipastikan, orang  – orang yang mengalami kegemukan memiliki gaya hidup yang salah. Gaya hidup yang salah seperti melakukan aktifitas di malam hari dan beristirahat di siang hari. Kenapa hal ini dapat menyebabkan kegemukan ?

Karena system saraf otonom terganggu sehingga tubuh tidak mampu menyerap cairan dengan baik sehingga cairan tersebut menjadi keringat. Maka dari itu, biasanya orang gemuk cenderung mengeluarkan banyak keringat.

  1. Diet Ketat

Seseorang yang melakukan diet ketat dan melewatkan waktu makan hanya akan merugikan diri sendiri. Karena jika anda melewatkan waktu makan, fungsi usus dan keseimbangan system saraf otonom akan terganggu. Ketika anda menjalankan program diet, seharusnya tetap makan tiga kali dalam sehari dengan menurunkan asupan kalori dalam makanan anda sebanyak 80{0facaed164e92087123da69decf7bd06b00d1745c12fb311d47e120a38f1f523} dan diimbangi dengan olah raga ringan seperti berjalan.

Kunci dari menghindari kegemukan adalah menjaga asupan kalori yang akan dikonsumsi, melakukan olah raga ringan, menjaga pola hidup sehat dan makan teratur. Jangan sampai melewatkan hal tersebut jika anda ingin menghindari kegemukan.

Glosarium:

  • Kalori : energy yang diperoleh dari makan dan minum
  • System saraf otonom : system saraf yang terdiri dari system saraf simpatik dan system saraf parasimpatik. System saraf otonom adalah system saraf tak sadar yang menggerakkan kinerja organ dalam.
  • System saraf simpatik : system saraf yang berfungsi untuk mempercepat kinerja organ dalam
  • System saraf parasimpatik : kebalikan dari system saraf simpatik.

Related posts

Cara Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Bahan Alami

Oyi News

Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang

Oyi News

Olah Raga di Malam Hari Ternyata Baik Bagi Tubuh

Oyi News

6 comments

Leave a Comment