Peran Penting dan Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Peran Penting dan Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan
Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan atau yang dikenal dengan nama latin Aloe Vera merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai  banyak khasiat. Lidah buaya memiliki kandungan berupa asam amino, asam folik, polisakarida, enzim, vitamin, dan kandungan ilmiah lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman lidah buaya dapat berbunga yang berwarna kuning atau merah.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan pengobatan alami:

Mengobati penyakit diabetes melitus 

Mengobati penyakit diabetes melitus

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan: Diabetes melitus atau kencing manis disebabkan karena asupan makanan tinggi gula, sehingga jumlah gula dalam darah berlebihan. Rebus satu batang daun lidah buaya yang sudah dipotong – potong, buang durinya dan cuci bersih. Didihkan sampai air tersisa setengahnya. Minum secara rutin 3 kali sehari masing – masing setengah gelas setiap minumnya.

Mengobati kencing darah

Mengobati kencing darah

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan: Kencing darah disebabkan karena adanya peradangan pada saluran kencing. Lidah buaya juga bersifat anti radang yang mampu mengobati kencing darah secara alami. Caranya yaitu dengan mencampur 15 gram lidah buaya dengan air beras. Bersihkan dan buang durinya. Potong – potong kemudian diperas. Ambil airnya dan campur dengan sedikit air beras. Tambahkan sedikit gula pasir. Air perasan diaduk sampai merata kemudian disaring. Minum air perasan 3 kali sehari secara rutin.

Membantu mengobati penyakit wasir

mengobati penyakit wasir

Wasir adalah adanya tonjolan yang keluar di anus. Parut 1/2 batang daun lidah buaya, tambah dengan 1/2 gelas air matang dan beri 2 sendok makan madu asli. Aduk campuran tersebut sampai rata, saring dan dinginkan. Minum secara rutin 3 kali setiap hari.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya Dalam Kecantikan dan Perawatan Kulit dan wajah

Mengobati sembelit

Mengobati sembelit
Daun lidah buaya dapat berperan untuk mengobati sakit sembelit. Cincang kecil – kecil 1/2 batang daun lidah buaya, tambahkan madu 1 sendok makan kemudian seduh dengan segelas air panas. Biarkan sampai daun lidah buaya layu. Dinginkan dan makan cincangan daun lidah buaya tersebut 1-2 kali sehari.

Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan: Lidah buaya mempunyai kandungan zat getalin yang digunakan dalam detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Tugas zat getalin adalah membunuh dan mencegah racun masuk ke dalam tubuh, kemudian membuangnya bersama kotoran pada saat buang air besar. Caranya yaitu dengan meminum jus daun lidah buaya secara rutin setiap hari.

Mencegah dan mengobati peradangan

Mencegah dan mengobati peradangan

Peradangan luar atau peradangan dalam tubuh seperti radang usus, radang tenggorokan, radang hati, radang kulit dan semua jenis peradangan luar dan dalam tubuh, bisa diatasi dengan khasiat daun lidah buaya. Ada berbagai cara. Direbus, diparut, di jus, diperas atau dengan membeli produk – produk makanan atau minum berbahan dasar lidah buaya.

Mengobati luka

Mengobati luka

Baik luka dalam, luka luar seperti luka bakar, tersayat pisau atau luka akibat jatuh dari kendaraan, dapat disembuhkan dengan daun lidah buaya. Caranya yaitu dengan menempelkan getah atau lendir daun lidah buaya pada bagian kulit yang terluka.

Membantu melancarkan pencernaan

Membantu melancarkan pencernaan

Makanan yang sehat sangat mempengaruhi sistem pencernaan. Asupan makanan akan dicerna dengan baik dan lancar oleh lambung. Namun, bila ada makanan yang kurang sehat, maka akan menyebabkan bakteri atau racun masuk ke dalam tubuh dan tercampur dengan darah. Akibatnya akan timbul penyakit – penyakit. Untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh yaitu selalu menyeleksi makanan yang dikonsumsi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan. Apabila sistem kekebalan tubuh terganggu, penyakit akan mudah merasuki tubuh kita. konsumsi daun lidah buaya secara rutin setiap hari membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengobati bisul dan jerawat

Mengobati bisul dan jerawat
Penyakit seperti bisul disebabkan oleh darah kotor karena terjangkit virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit. Daun lidah buaya mampu menetralkan racun dalam darah atau racun dalam tubuh. Terdapat bermacam – macam cara, dengan meminum air rebusan daun lidah buaya atau dengan cara menempelkan getah atau lendir daun lidah buaya pada bisul. Semoga bermanfaat.

Related posts

Manfaat Es Batu Untuk Wajah Dan Awet Muda

Oyi News

Olah Raga di Malam Hari Ternyata Baik Bagi Tubuh

Oyi News

Pertolongan Pertama Pada Korban Trauma dan Kecelakaan

Oyi News

6 comments

Leave a Comment