Poin Wajib yang Ada pada CV Supaya HRD Melirikmu

Poin Wajib yang Ada pada CV Supaya HRD Melirikmu
Edukasi

Banyak lulusan baru yang menganggur lantaran belum mendapatkan pekerjaan. Salah faktor penyebab tidak segera mendapat pekerjaan ada pada curriculum vitae yang sobat oyi buat. Masih adanya anggapan semakin banyak data pada curriculum vitae yang dimasukkan akan menarik bagi HRD (Human Resource Development) untuk memanggil untuk wawancara namun nyatanya tidak begitu. HRD hanya memiliki waktu sekian detik untuk melirik CV yang menarik dan sesuai dengan posisi yang sedang dibuka. Kali ini Oyinews akan merangkum hal – hal yang perlu dimasukkan di curriculum vitae kamu supaya HRD tertarik untuk memanggilmu wawancara. Berikut ini apa hal yang wajib dimasukkan di dalam curriculum vitae kamu versi oyinews :

HRD

  1. Biodata Data Diri

Tuliskan biodata dirimu sesuai dengan keadaanmu sekarang. Pastikan nama yang kamu tulis adalah nama lahir yang diberikan oleh orang tuamu bukan nama alay yang digunakan di media social atau nama julukan yang diberikan oleh teman – temanmu. Tuliskan tempat tanggal lahir, alamat yang kamu tempati sekarang. Di penulisan alamat hanya perlu kamu tuliskan kota kamu tinggal, kemudian yang terpenting adalah nomor handphone dan juga email. Pastikan kamu memberi nomor handphone yang sedang aktif dan juga email yang valid karena kedua hal ini yang akan digunakan HRD untuk menghubungimu lagi.

  1. Deskripsi Diri

Promosikan diri kamu sesuai dengan posisi yang kamu lamar, buatlah kalimat sederhana dan jujurlah tentang diri kamu sendiri. Jangan sampai kamu berbohong tentang apa yang kamu tuliskan.

  1. Keahlian yang kamu miliki

Tuliskan keahlian apa saja yang kamu miliki. Sehingga HRD akan tertarik dengan kamu. jangan lupa beri penilaian pada dirimu sendiri misalnya kamu menuliskan keahlian dalam menggunakan Microsoft excel, kemudian berilah rating seberapa kamu ahli dalam menggunakannya. Tuliskan missal kemampuan dasar, menengah atau expert, bisa juga kamu menuliskan 3 dari 5 kemampuanmu dalam menggunakan Microsoft excel.

  1. Pendidikan

Sertakan pendidikan terakhirmu, tidak perlu kamu tuliskan dari taman kanak – kanak. Karena yang paling relevan adalah pendidikan terbarumu. HRD tidak perlu tahu kamu melalui masa kanak – kanak, SD, dan masa remaja dimana.

  1. Penghargaan

Tuliskan penghargaan yang kamu dapatkan dalam 2 tahun terakhir. Tentunya usahakan penghargaan yang kamu tulis relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Misalnya kamu melamar pekerjaan pada posisi software developer. Kemudian kamu menuliskan penghargaan lomba menang membaca puisi hal itu sebenarnya tidaklah relevan dan tidak perlu kamu sertakan, jika kamu melamari posisi software developer dan kamu memenangkan hackaton maka tuliskanlah penghargaan tersebut supaya menambah nilai plus.

  1. Hobi

Beri tahu HRD bahwa kamu memiliki hobi yang menunjang pekerjaan. Ingat ya sobat oyi hanya hobi yang menunjang pekerjaanmu saja yang perlu kamu tuliskan. Jika hobi kamu tidak begitu berhubungan dengan posisi yang kamu lamari, sebaiknya tidak usah kamu tulis.

  1. Data Pendukung

Data pendukung ini penting disertakan, data pendukung dapat berupa portfolio yang sudah kamu buat, social media yang bisa mendongkrak kemampuan kamu, dan juga referensi dari orang – orang yang pernah bekerja sama denganmu di tempat sebelumnya.

  1. Pengalaman

Tuliskan pengalaman kerja yang sudah kamu miliki, hal ini merupakan nilai tambahan yang penting bagi HRD untuk mempertimbangkan apakah kamu layak menempati posisi yang sedang dibuka atau tidak. Jika belum pernah bekerja tuliskan dimana dan tugas apa saja yang kamu kerjakan saat magang kerja. Misal belum pernah magang kerja, maka tuliskanlah pengalaman organisasi dan kepanitiaan yang pernah kamu ikuti selama masa kuliah atau masa sekolah.

Nah itu dia sobat oyi, poin penting yang harus ada didalam curriculum vitae agar HRD melirik Mu.

Supaya HRD tertarik dengan mu jangan lupa buat desain yang menarik dan nyentrik. Selamat mencoba semoga berhasil dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan YME. Semoga diberikan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan juga minatmu.

Related posts

Manfaat Yang Terkandung Dari Kantong Teh Celup

Oyi News

Kok Bisa Sampai Salah Ambil Jurusan? Simak Cara Menyikapi salah Mengambil Jurusan Kuliah Ini

Oyi News

Cara Setting PPOB Pada Komputer [Laptop]

Oyi News

Leave a Comment