Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang

Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang
Kesehatan

Makan siang selalu dinantikan oleh banyak orang terutama pagi pelajar dan pekerja. Apakah Sobat oyi adalah salah satu orang yang selalu menantikan makan siang ? Tentu saja, makan siang menjadi hal paling dinanti bagi pekerja ketika dibawakan bekal oleh istri dari rumah, dan bagi pelajar ketika dibawakan bekal oleh Mamanya  dari rumah. Namun sayangnya,  makan siang sering menimbulkan efek kantuk. Hal ini sangat menganggu bagi pelajar yang masih harus melanjutkan pelajarannya di dalam. Kelas dan juga bagi pekerja yang harus melanjutkan pekerjaannya karena mengantuk dapat menganggu fokos belajar maupun bekerja.

Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang

Sebenarnya Apakah Anda Tahu Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang?

Fungsi system saraf parasimpatik (saraf tidak sadar) akan meningkat ketika makan seharusnya tidak mengantuk setelah makan. Tetapi, mengunyah makanan yang tergolong sebagai gerakan aktif (disadari) akan meningkatkan fungsi system saraf simpatik (saraf sadar). Karena itulah yang menyebabkan kantuk dalam waktu singkat setelah makan. Ketika saluran pencernaan bergerak, terjadi perubahan mendadak yang meningkatkan fungsi system saraf simpatik. Perubahan mendadak inilah yang menyebabkan kantuk setelah makan.

Jika Anda mencari Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang, Anda harus berupaya supaya tidak ada perubahan secara mendadak dari fungsi system saraf parasimpatik ke fungsi system saraf simpatik. Upaya Yang haus dilakukan tersebut adalah  minum 300 – 500 mililiter air sebelum makan dan yang kedua adalah mengunyah perlahan – lahan sejak pertama makan.

Baca Juga: Inilah Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan

Mengunyah makanan secara perlahan bertujuan mencegah pengerahan aliran darah dalam jumlah besar menuju system pencernaan karena hal itu mengakibatkan pasokan darah ke otak berkurang. Setelah makan siang, banyak orang mengaku sulit konsentrasi pada pekerjaan atau pelajaran. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke orak.

Hal yang harus diingat ketika makan adalah banyaknya gizi yang diserap oleh tubuh bukan banyaknya makanan yang disantap. Penyerapan gizi secara optimal akan berlangsung pada usus yang sehat. Dengan ususyang sehat tubuh akan memperoleh gizi sesuai kebutuhan untuk melakukan aktifitas sehari – hari.

Setelah membaca artikel tentang Rahasia untuk Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang, saya harap anda akan mencoba untuk mengunyah setiap makanan yang dimakan secara perlahan dan menentukan porsi makanan sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi.

 

 

Related posts

Manfaat dan Khasiat Minuman Teh Susu Yang Baik Untuk Kesehatan

Oyi News

Pertolongan Pertama Pada Korban Trauma dan Kecelakaan

Oyi News

Manfaat Lidah Buaya Dalam Kecantikan dan Perawatan Kulit dan wajah

Oyi News

12 comments

Leave a Comment