Kok Bisa Sampai Salah Ambil Jurusan? Simak Cara Menyikapi salah Mengambil Jurusan Kuliah Ini

kok bisa sampai salah ambil jurusan?  Simak cara Menyikapi salah mengambil jurusan kuliah Ini
Edukasi

Menyikapi salah mengambil jurusan kuliah – Masa transisi dari sekolah menengah ke perguruan tinggi merupakan masa – masa penuh kegalauan bagi kamu – kamu yang  akan melanjutkan kuliah. Karena dihadapkan dengan banyaknya pilihan jurusan kuliah yang akan digeluti nantinya.  Ketika akan menentukan jurusan kuliah yang akan digeluti,  pastikan dalam menjalaninya nanti  tidak ada penyesalan. Dan jangan sampai mengutarakan  kalimat “kok bisa sampai salah ambil jurusan?dipertengahan semester.  Karena merasa salah jurusan di pertengahan masa kuliah adalah sebuah malapetaka.  Kali ini, oyinews akan membahas mengenai cara Menyikapi salah mengambil jurusan kuliah yang harus dihindari oleh kamu – kamu yang berencana untuk kuliah selepas lulus sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan.

Menyikapi salah mengambil jurusan kuliah

 

  1. Kuliah hanya untuk gengsi

Memilih jurusan yang dirasa bergengsi, pastinya di setiap universitas ada juruan paling bergengsi. Dilansir dari survey yang dilakukan terhadap 7 dari 10 mahasiswa yang ada di malang menganggap jurusan bergengsi tahun 2018 ini adalah jurusan – jurusan di fakultas eksak. Contoh kuliah hanya untuk gengsi  adalah memilih jurusan Akuntansi padahal lebih suka menggambar, membuat desain baju.

  1. Tidak mengenali diri sendiri

Banyak anak yang sudah lulus sekolah menengah atas (SMA)  atau sekolah menengah kejuruan (SMK) yang masih belum mengenai dirinya sendiri. Tidak mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Jika kamu termasuk anak yang seperti ini, maka oyinews menyarankan untuk melakukan tes Who Am I. Tes ini merupakan tes yang dilakukan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan seputar hal apa yang disukai dan tidak disukai. Jika kamu ingin melakukan tes ini, maka berkonsultasilah dengan guru bimbingan konselingmu atau wali kelasmu.  Selain itu kamu juga dapat melakukan review terhadap diri kamu sendiri tentang apa yang kamu sukai dan tidak kamu sukai.

  1. Belum memiliki tujuan hidup

Ketika akan menentukan jurusan kuliah, memilih dengan asal – asalan saja atau memilihnya dengan memejamkan mata. Hal ini biasanya dilakukan oleh anak yang dituntut orang tuanya untuk kuliah, namun dia tidak mau membaca atau menggali informasi tentag perkuliahan. Jadi kuliah hanya karena disuruh orang tuanya. Ada lagi karena semua teman – temannya kuliah, jadi daripada tidak sama dengan temanya mending kuliah di jurusan apa aja yang penting adalah kuliah dulu.

  1. Karena hanya ikut – ikutan

Mayoritas usia remaja masih suka berkumpul dengan teman dan enggan berpisah dengan temannya. Tipe anak yang seperti ini biasanya adalah anak yang tidak mau dicap tidak setia kawan, sebenarnya dia sudah memiliki pilihan namun mayoritas temannya ada dijurusan itu maka dia takut tidak punya teman. Girls, jangan sampai kamu kayak gini ya, karena nanti diperkuliahan kamu bakal lebih banyak menemukan teman. So, pilihlah jurusan kuliah sesuai dengan yang kamu sukai jangan mudah terpengaruh jika itu tidak mendukungmu untuk maju nantinya.

  1. Kebanyakan nonton FTV

Anak kuliahan yang ada di FTV maupun sinetron selalu digambarkan dengan yang indah – indah saja. Contohnya adalah sicowok menabrak seorang cewek cantik yang  keluar dari perpustakaan dengan membawa banyak buku. Lalu bukunya berjatuhan dilantai dan seterusnya. Sama sekali kuliah tidak sedramatis itu girls. Nanti dimasa awal kuliah akan ada yang  namanya Masa Orientasi Kampus, setelah itu juga masih ada Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Ujian Akhrir Praktikum (Buat yang eksak), dan banyak ujian – ujian lagi yang lebih serem daripada ujian nasional di masa sekolahmu.

Kuliah adalah penentu masa depan, langkah pendidikan yang nantinya berpengaruh dengan pekerjaan, karir, ataupun rumah tangga. Meskipun tidak 100{0facaed164e92087123da69decf7bd06b00d1745c12fb311d47e120a38f1f523} pekerjaan yang nantinya akan kamu dapatkan sejalan dengan jurusan kuliah yang sudah kamu tempuh, namun alangkah baiknya jika kamu mempertimbangkan dengan baik jurusan apa yang akan kamu ambil, dengan cara kenalilah dirimu sendiri sebelum memilih jurusan kuliahmu. Dengan begitu kamu bisa Menyikapi salah mengambil jurusan kuliah yang akan membuatmu malas menjalani kegiatan sehari hari.

Related posts

Manfaat Yang Terkandung Dari Kantong Teh Celup

Oyi News

Hidroponik: Mari cari Tahu Keuntungan dan Kerugiannya

Oyi News

Gaji Anda Pas Pas an? Ini Dia Trick Jitu Untuk Mengolahnya

Oyi News

6 comments

Leave a Comment