Selamatkan Diri Dari Gempa Saat di Dalam Gedung

Selamatkan Diri Dari Gempa Saat di Dalam Gedung
Edukasi

Selamatkan Diri Dari Gempa – Dua pekan terakhir ini Indonesia dilanda duka mendalam dengan adanya gempa di Lombok yang menewaskan banyak korban jiwa, korban luka dan ribuan pengungsi. Belum sembuh duka dari lombok muncul kedukaan dari Palu, gempa dan tsunami melanda Palu, Sigi dan Donggala yang menelan ribuan korban jiwa, banyak gedung dan rumah yang roboh, dan juga sampai saat ini masih banyak korban yang terjebak dalam reruntuhan bangunan. Gempa memang musibah yang tidak dapat dihindari, akan tetapi kita dapat melindungi diri saat gempa terjadi. Berikut oyinews akan memberikan tips cara Selamatkan Diri Dari Gempa ketika berada di gedung.

Selamatkan Diri Dari Gempa

  1. Jangan panik

Ketika gempa terjadi wajar jika mengalami kepanikan. Tapi segera alihkan perasaan panikmu karena jika dalam kepanikan kamu tidak bisa berpikir dengan jernih. Biasanya ketika gempa terjadi kamu akan merasa panik dan segera menuju tangga darurat, namun saat di tangga darurat belum tentu kebagian tempat untuk segera turun karena semua orang sedang menuju tangga darurat selain itu jika posisimu jauh daritangga akan membutuhkan waktu untuk menuju tangga. Maka dari itu, usahakan jangan panik supaya bisa berpikir dengan baik dan menemukan solusi berlindung dari gempa yang bisa menyelamatkanmu.

Baca Juga: Sudahkah Kamu Mencintai Pekerjaanmu ?

  1. Merunduk, Berlindung, Tunggu

Ketika gempa mengguncang, segeralah merunduk ke lantai. Lindungi kepalamu dengan tangan jauhilah jendela, lampu gantung, lemari dan benda – benda yang mudah pecah/ berlindunglah dibawah meja, karena  jika ada reruntuhan kamu bisa berlindung dibawahnya. Dan tunggulah hingga gempa reda barulah pergi dengan hati – hati dari tempatmu berada.

  1. Gunakan tangga

Jika sedang berada di gedung bertingkat, janganmengunakan lift atauskalator karena akan membahayakan dirimu, gunakan tangga darurat dan ikuti petunjuk

  1. Kenali sekitar

Kenalilah sekitarmu dengan baik, amati benda – benda dan struktur bangunan yang ada. Sebisa mugkin jika kamu berada di suatu tempat, kenali sekitar cari struktur bangunan yang kuat seperti sudut bangunan.

  1. Tertib

Ketika berada didalam gedung tentunya semua orang ingin segera keluar dari gedung untuk menyelamatkan diri, tak jarang terjadi saling dorong mendorong hingga mengakibatkan salah seorang dari mereka jatuh. Hal ini malah merugikan diri sendiri dan orang lain. Maka dari itu, usahakan selalu tertib dan tetap tenang.

Semoga tips yang diberikan oleh oyinews bermanfaat bagi kamu yang sering beraktifitas didalam gedung, tetaplah berhati – hati dan berdoa kepada sang Pencipta supaya selalu dilindungi dan diberikan keselamatan.

Related posts

Apa sih Bahayanya Kutu Loncat?

Oyi News

Gaji Anda Pas Pas an? Ini Dia Trick Jitu Untuk Mengolahnya

Oyi News

4 Langkah Menentukan Karir, Nomor 1 Paling Penting

Oyi News

13 comments

Leave a Comment