5 Tempat ini yang Wajib Dikunjungi saat kamu berada di Aceh

5 Tempat ini yang Wajib Dikunjungi saat kamu berada di Aceh
Travel

Bicara soal Tanah Rencong, takkan pernah ada habisnya. Aceh adalah wilayah yang sangat tradisional dan menjunjung tinggi norma Agama serta memilik presentase penduduk Muslim terbesar se Indonesia. Pulau yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia dan negara Malaysia. Hal ini membuat letak geografis aceh sangat menguntungkan bagi Indonesia. Berikut 5 Tempat Wisata di Aceh yang patut di kunjungi :

1. Tempat Wisata di Aceh, Makam Kerkhof Belanda di Aceh

Tempat Wisata di Aceh

Makam Kerkhof ini di bangun di Aceh pada tahun (1607-1636). Makam ini adalah saksi bisu rakyat Aceh yang menolak akan perbudakan yang di lakukan pihak penjajah terhadap Aceh. Menurut buku panduan Kerkhof terdapat 2,200 makam prajurit kerajaan Aceh. Peristiwa tersebut meninggalkan kisah pilu pada masa itu. Sampai saat ini Makam Kerkhof masih tertata rapi, walaupun sempat mengalami kerusakan 1 Bulan lalu. Makam ini berada di Desa Sukaramai, Banda Aceh. Kerkhof Peucut adalah destinasi Wisata pemakaman yang di bangun pada saat kolonial Belanda dengan luas tanah 3,4 hektar. Makam ini kebanyakan di huni oleh nisan dari prajurit Belanda yang tewas dahulu. Namun ada juga makam dari tentara Jepang, dan juga makam dari korban ganasnya salah satu partai komunis di Indonesia.

2. Benteng Anoi Itam Tempat Wisata Peninggalan Jepang di Aceh

Tempat Wisata di Aceh
Tempat Wisata di Aceh selanjutnya adalah salah satu bekas peninggalan Jepang, Benteng Anoi Itam. Benteng yang satu ini merupakan salah satu objek wisata yang patut dikunjungi. Benteng Anoi di bangun pada tahun 1942 sampai 1945. Benteng ini dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata pasukan Jepang.

3. Museum Tsunami Tempat Wisata Megah di Aceh


Untuk mengenang tragedi bencana terbesar di abad 20 warga Aceh membuat Museum dengan sebutan Museum Tsunami. Pengalaman yang dulu di rasakan warga Aceh tersebut sekarang bisa anda rasakan jika anda berkunjung di Museum ini. Anda bisa melalui lorong sempit dan gelap dengan lorong yang sesekali memercikkan air ke kepala. Lorong itu merupakan salah satu jalan masuk menuju ke dalam Museum Tsunami Aceh. Museum ini diresmikan pada tahun 23 februari 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Pemandian Air Panas di Indonesia

4. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini didirikan pada tahun 1292 M oleh Sultan Iskandar Muda Salah satu anak dari bangsawan kerajaan Aceh. Masjid yang sekarang merupakan salah satu tempat wisata favorit yang berada di Aceh menyimpan sejuta keindahan dan merupakan masjid terindah se Asia Tenggara. Masjid ini beada di pusat kota Banda Aceh. Sehingga masjid ini sangat mudah di akses semua pelancong yang ingin melihat sekaligus ber ibadah di Masjid terindah se Asia tenggara ini.

5. Benteng Indra Patra Tempat Wisata Peninggalan Kerajaan Hindu di Aceh

Aceh juga kaya akan nilai sejarah pada jaman tersebut yaitu Benteng Indra Patra. Benteng ini di bangun pada masa pra islam oleh kerajaan Lamuri. Benteng ini di bangun untuk melindungi masyarakat kerajaan Lamuri kala itu dari gempuran pasukan V.O.C (Vereenigde Oostindische Compagnie) dan juga gempuran dari kapal perang Portugis. Benteng ini sangatlah besar benteng ini berasal dari batuan gunung yang tersusun rapi dengan ketebalan mencapai 2Meter. Untuk mengunjunginya Benteng ini berada di jalan Krueng Raya, Banda Aceh. Itulah dia beberapa Tempat Wisata di Aceh yang sarat akan sejarah.

Related posts

Perjalanan Ku Yang Pertama Kali nya di Gunung Bromo :(

Oyi News

Goes To Coban Talun?? Here I Come

Oyi News

Ke Kota Hujan? Jangan Lewatkan Oleh-Oleh Khas Bogor Ini!

Oyi News

8 comments

Leave a Comment