Tips dan Trik Meningkatkan Jenjang Karir Di Kantor

Tips dan Trik Meningkatkan Jenjang Karir Di Kantor
OyiNews


Meningkatkan Jenjang Karir – Pekerjaan adalah sarana untuk menunjukkan jati diri yang sesungguhnya. Ketika sobat oyi memiliki prestasi dalam bekerja tentu saja hal ini dipengaruhi oleh jati diri sobat oyi. Ketika pertama kali kamu dinyatakan diterima dalam suatu perusahaan pastilah kamu memiliki perasaan yang bahagia, terlebih jika kamu memang sudah menginginkan pekerjaan dan atau perusahaan tersebut. Saat itu juga kamu dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu menjadi pemenang dan menjadi pecundang. Kamu harus memilih satu diantara keduanya. Kali ini oyinews melansir dari tulisan Al-banjiri R. R seorang penulis buku motivator tentang tips dan trik untuk meningkatkan jenjang karir d kantor. Ada sepuluh poin yang harus kamu ketahui, berikut penjelasannya :

Meningkatkan Jenjang Karir

  • Bekerja sesuai potensi diri

Pekerjaan yang menyenangkan bukanlah pekerjaan yang memiliki gaji besar, namun pekerjaan yang sesuai dengan potensimu. Banyak orang dengan gaji besar namun tidak bahagia ketika melakukan pekerjaaanya. Hal di ini terjadi karena mereka bekerja tidak sesuai dengan keinginannya atau tidak menguasai pekerjaannya. Maka dari itu, carilah pekerjaan yang dapat membuatmu semangat dan bahagia ketika menyelesaikannya sehingga kamu akan menikmati pekerjaanmu dan mengerjakannya tanpa beban meskipun gaji tak selamanya berbentuk yang atau materi yang kamu peroleh tidak begitu besar namun yang terpenting adalah kamu menikmatinya.

  • Menjalin hubungan baik dengan semua orang yang ada di kantor

Bekerja juga merupakan sebuah kompetensi. Kompetensi harus didukung dengan kemampuan yang mumpuni termasuk kemampuan untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja anda. Apabila kamu mampu menjalin hubungan baik dengan atasan, rekan kerja, bawahan, konsumen dan semua orang yang ada di tempat kamu bekerja kamu pasti akan lebih mendapatkan dukungan dalam bidang kenaikan karir.

  • Menunjukkan minat dan ketulusan untuk membantu rekan kerja

Tunjukan minat dan ketulusanmu untuk membantu rekan kerja yang sedang mengalami kesulitan dengan cara proaktif dalam bekerja. Kesediaan memberikan ide atau berbagi ilmu dengan rekan kerja.

  • Memberikan yang terbaik yang kamu bisa

Jangan pernah berkata pada atasanmu, “Jika gaji saya naik, saya akan bekerja lebih giat”. kalimat ini akan membuat nilaimu turun. Karena sebenarnya perusahaan tidak akan rugi dengan menaikkan gaji karyawannya asal, pekerjaannya sebanding. Namun kalimat tersebut akan membuat ada terlihat tidak bijaksana dan pamrih.

  • Perbanyak relasi

Bergaullah dengan semua orang yang ada dikantor, perbanyak relasi dengan luar departemen juga. Misalkan kamu ada di divisi IT, maka berkenalanlah dengan divisi marketing dan jalinlah komunikasi dengan baik. Karena dengan itu kamu akan menyadari bahwa semua divisi memiliki peran masing – masing dalam bekerja dan kamu akan benar – benar memahami kondisi perusahaan sehingga tidak terlalu menuntut.

  • Terlibat dalam kegiatan informal

Kegiatan informal seperti bermain futsal, piknik, menonton film dan lainnya akan membuat kamu lebih akrab dengan rekan kerjamu sekaligus akan memperluas pengaruhmu. Sehingga kamu dapat menduduki posisi strategis di perusahaan karena sudah akrab dengan semua orang yang ada di kantor.

  • Fokus

Sibuk bukanlah anda berprestasi dalam bekerja. Agendakan setiap hal yang akan kamu lakukan dan kamu harus mendisiplinkan idri untuk mengerjakannya. Fokuslah pada pekerjaanmu, maka dengan fokus kamu akan lebih produktif.

  • Evaluasi kinerja secara berkala

Semakin lama kamu bekerja di sebuah perusahaan, kamu akan cenderung melakukan pekerjaanmu sebagai rutinitas. Supaya tidak menjadi rutinitas, kamu harus melakukan evaluasi secara rutin. Selain itu, hendaknya kamu memiliki rekan kerja yang dapat mengevaluasimu sehingga kamu bisa meningkatkan pekerjaanmu.

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

Tingkatkan pengetahuan dan keterampilannmu dengan cara perbanyak membaca buku pengembangan diri dan buku – buku yang sesuai bidang pekerjaanmu serta ikutlah pelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu supaya kamu bisa meningkatkan prestasi bekerjamu. Dengan begitu, jika prestasi karyawan terus mengingkat, maka prestasu perusahaan juga ikut meningkat.

  • Menikmati masa liburan

Kamu perlu berlibur, jangan terus  menerus bekerja. Sesekali lepaskanlah semua pekerjaan yang sedang kamu emban. Kamu perlu beristirahat. Gunakan waktumu untuk mensyukuri nikmat Allah, dan berkumpul dengan teman atau keluarga karena menghibur diri dengan keluarga dapat menimbulkan energy baru dalam menghadapi situasi kerja.

Jika sobat oyi ingin meningkatkan karir di dunia kerja, maka tidak ada salahnya jika harus menerapkan 10 tips dan trik diatas. Semoga bermanfaat bagi sobat oyi yang masih binggung apakah mau resign atau tidak,

Related posts

Resep Berkomunikasi dengan Baik Saat di Kantor

Oyi News

Sekretaris Pribadi BJ.Habibie dan Presiden Jokowi Membesuk Habibie di RSPAD hari ini

Oyi News

Fakta Film The Nun yang Mungkin belum Anda Ketahui

Oyi News

5 comments

Leave a Comment