Tips Penting Sebelum Anda Berkarir Sebagai Konsultan Keuangan

Tips Penting Sebelum Anda Berkarir Sebagai Konsultan Keuangan
Edukasi

Saat ini segala sesuatu tidak bisa lepas dari keuangan. Tak heran jika kebutuhan jasa berkiatan dengan pengelolaan keuangan masih laris manis di dunia kerja. Salah satunya adalah konsultan keuangan. Apakah anda tertarik menjadi konsultan keuangan? Simak tips berikut sebelum anda terjun di dalamnya :

Memiliki Background Pendidikan yang Linier

Ini hal yang wajib karena bagaimana anda bisa memahami dan menjadi ahli suatu hal jika anda tidak memiliki background pendidikan di bidang tersebut. Melalui pendidikan formal anda akan belajar memahami keuangan dan mengetahui ilmu dasar mengenai keuangan dan segala permasalahan dan solusi yang bisa dilakukan. Namun hal yang paling penting adalah pengalaman anda dalam menyelesaiakn dan memahami masalah keuangan di manapun itu.

Memahami Seluk Beluk Bisnis

Memiliki kemampuan analisis keuangan segala bidang saja ternyata belum cukup. Menjadi konsultan memang menuntut kita untuk selalu belajar. Anda juga perlu mempelajari tentang seluk beluk bisnis. Konsultan akan ditempatkan di sekitar perusahaan-perusahaan besar yang tidak bisa lepas dengan aktivitas bisnis. Inilah mengapa anda juga harus memahami dunia bisnis.

Memiliki Kemampuan Analisis

Sebagai konsultan keuangan, anda dituntut untuk memiliki skill analisis yang tajam. Pekerjaan anda nantinya akan melibatkan banyak kasus yang harus dianalisis.Kemampuan analisis ini harus diimbangin dengan kemampuan di bidang pembukuan akuntansi. Sebenarnya skill-skill tersebut sudah diajarkan dalam dunia perkuliahan namun anda tetap harus merefresh pengetahuan anda dengan terus belajar secara mandiri ataupun meminta mentoring dari ahli.

Mampu Membangun Komunikasi juga Penting

Seorang konsultan tidak hanya menganalisis dan berdiam diri di dalam kantor. Anda akan bertemu dengan para klien dan tentu menjelaskan hasil analisis anda dan solusi yang anda tawarkan atas permasalahan mereka. Maka anda juga perlu membangun skill komunikasi yang baik. Seni berbicara anda menentukan kelanjutan dari pekerjaan anda apakah anda dipercaya oleh klien atas solusi yang anda tawarkan atau justru sebaliknya.

Sertifikasi jadi Poin Plus

Klien yang biasanya membutuhkan jasa konsultan keuangan adalah perusahaan besar. Tentunya mereka memiliki kriteria khusus dalam merekrut calon konsultan. Mereka akan memilih konsultan yang sudah kredibel. Untuk menunjang kriteria tersebut sebaiknya anda memiliki sertifikat di bidang keuangan. Anda bisa mengikuti berbagai kegiatan yang memberikan sertifikat sebagai salah satu bukti fisik pendukung kredibilitas diri anda di harapan para calon klien.

Related posts

Cara Setting PPOB Pada Komputer [Laptop]

Oyi News

Selamatkan Diri Dari Gempa Saat di Dalam Gedung

Oyi News

Apa sih Bahayanya Kutu Loncat?

Oyi News

1 comment

Leave a Comment