Inilah Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan

Inilah Waktu Yang tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan
Edukasi

Sobat oyi, kali ini oyinews akan membeberkan sebuah fakta yang ditemukan oleh Hiroyuki Kobayashi, M.D, PH. D. tentang Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan. Beliau adalah seorang dokter dan juga dosen di Universitas ternama di Tokyo.

Apa kata Pakar Kesehatan?

Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2011 dalam sebuah buku tentang revolusi sehat. Hiroyuki Kobayashi, M.D, PH. D. meneliti bahwa, makan tiga kali dalam sehari sangat baik bagi tubuh. Jika makaan yang dikonsumsi mengandung gizi seperti yang dibutuhkan oleh tubuh.  Selain itu perlu diimbangi dengan olah raga yang cukup. Karena mengkonsumsi makanan tiga kali dalam sehari tanpa berolah raga hanya akan menimbun lemak.

Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan

Seperti orang – orang jaman now yang gemar makan namun tidak menyukai olah raga, mereka cenderung gemuk dan hanya dibagian perutnya saja. Hal ini terjadi karena banyak makan dan kurang olah raga. Makan tiga kali dalam sehari bertujuan untuk memperlancar pergerakan usus (gerak peristaltik) dalam  proses pencernaan. Jika hanya makan sekali dalam sehari, perut akan terasa sakit atau sembelit.  Hal ini terjadi karena usus terus bergerak namun tidak ada yang dipindahkan sehingga usus dapat terluka oleh pergeserannya. Biasanya, seseorang yang sedang melakukan diet atau mengurangi porsi makannya disarankan untuk minum teh atau air hangat.

Supaya usus tetap melakukan gerakan peristaltic dengan memindahkan cairan, hal ini bisa mencegah sembelit meskipun hanya makan sekali dalam sehari. Ketika memilih makanan yang akan dikonsumsi, haruslah memperhatikan aktifitas apa yang akan dilakukan setelah makan. Sebab makanan akan mempengaruhi kinerja tubuh maka dari itu hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih makanan adalah banyaknya gizi yang dibutuhkan oleh tubuh bukan banyaknya porsi makanan yang akan disantap.

Menurut pepatah

Menurut pepatah jepang kuno, pagi adalah waktu emas untuk makan, siang hari adalah waktu perak untuk makan dan malam hari adalah waktu perungu untuk makan. Yang artinya makan pagi adalah Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan. Karena dipagi hari tubuh akan mempersiapkan aktifitasnya. Seseorang yang bekerja membutuhkan kekuatan fisik, maka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan porsi yang banyak sedangkan seseorang yang bekerja dengan kekuatan otak, sebaiknya makan makanan dengan porsi yang tidak terlalu banyak namun tetap mengandung gizi yang cukup, contohnya seperti sepotong roti, segelas air dan sepotong pisang.

Mengapa seseorang yang bekerja memakan makanan dalam jumlahyang lebih sedikit daripada yang bekerja membutuhkan kekuatan fisik ? Karena jika terlalu banyak makan sebagian besar darah akan dikerahkan ke usus untuk menyerap gizi sehingga pasokan darah ke otak berkurang. Jadii jangan pernah melewatkan makan di pagi hari. Karena makan di pagi hari akan meningkatkan fungsi system saraf parasimpatik, aliran darah di saluran pencernaan akan meningkat di saat makan pagi.

Hal ini juga meningkatkan aliran darah yang masuk ke jantung. Setelah menyerap gizi dari usus keseluruh tubuh sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan meningkat. Ketika makan pagi secara tidak langsung membuat anda meluangkan waktu untuk duduk dan berpikir tentang apa yang akan dilakukan hari ini dengan tenang. Maka dari itu jangan sampai melewatkan Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Makan, disarankan untuk anda makan pagi sebelum memulai beraktivitas.

Related posts

Gaji Anda Pas Pas an? Ini Dia Trick Jitu Untuk Mengolahnya

Oyi News

Buat CVmu lebih menarik disini

Oyi News

Poin Wajib yang Ada pada CV Supaya HRD Melirikmu

Oyi News

10 comments

Leave a Comment