Yuk Ketahui Keuntungan Mozilla Firefox dan Kerugiannya

Yuk Ketahui Keuntungan Mozilla Firefox dan Kerugiannya
OyiNews

Mozilla Firefox atau orang biasa memanggilnya hanya Mozilla merupakan salah satu browser ternama yang mempunyai fungsi utama untuk mengakses internet atau browsing. Mozilla ini memiliki jutaan pengguna di berbagai belahan dunia. Mozilla Firefox merupakan browser Web open source yang menyumbang 28 persen dari total penggunaan browser di dunia, menurut laporan terbaru yang diterbitkan oleh W3Schools dan StatCounter. Sifat bebas dan open source dari browser adalah alasan utama untuk tingkat adopsi yang tinggi yang dialami Firefox sepanjang dekade ini karena browser dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di sisi lain, beberapa pengguna enggan menggunakan Firefox karena browser tidak dapat dengan benar membuat situs web tertentu, khususnya situs web bisnis, yang dirancang untuk memanfaatkan teknologi Internet Explorer. Banyak pengguna juga mengeluh bahwa Firefox menggunakan bagian yang sangat besar dari sumber daya sistem, menyebabkan kelambanan dan kerusakan browser.

Keuntungan Mozilla Firefox: Ekstensi dan Tema

Keuntungan Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang paling mudah disesuaikan dengan dukungan untuk ekstensi, plugin, dan tema browser yang secara fundamental mengubah fungsi dan tampilan browser yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada Juni 2018, perpustakaan Firefox Add-ons menampilkan lebih dari 10.000 ekstensi dan lebih dari 1500 tema. Ekstensi dapat melakukan semuanya, mulai dari menyediakan akses ke dinding Facebook Anda dari bilah alat Firefox, menjaga tab di Gmail Anda dan mengingatkan Anda tentang berita terbaru untuk mengubah elemen situs web dengan skrip, mengkonsolidasikan antarmuka Firefox dan banyak lagi.

Baca Juga: Cara Kerja dan kegunaan Cheat Engine

Keuntungan Mozilla Firefox: Keamanan Browser

Firefox telah menjadi yang terdepan dalam keamanan browser Web, memperkenalkan banyak fitur yang melindungi Anda dari skema phishing, virus, dan eksploitasi umum lainnya. Peramban menyertakan pemblokir pop-up yang kuat dan protokol otentikasi yang kuat yang mencegah penyerang menjalankan kode yang tidak sah ketika Anda menjelajah. Selain itu, keamanan Firefox dapat sangat ditingkatkan dengan ekstensi seperti NoScript dan FlashBlock yang memungkinkan Anda untuk secara selektif mengeksekusi kode tingkat lanjut pada situs web.

Kerugian Mozilla Firefox: Kompatibilitas

Internet Explorer memiliki keunggulan berbeda dari Firefox karena dapat menjalankan kontrol ActiveX yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan sistem operasi Windows dan program-program seperti Microsoft Office. Situs web yang menggunakan kontrol ActiveX untuk mengaktifkan integrasi Windows yang lebih dalam, di antaranya banyak situs web bisnis yang paling banyak digunakan, tidak kompatibel dengan Firefox.

Kerugian Mozilla Firefox: Membutuhkan banyak Sumber Daya

Mozilla Firefox sering kali merupakan salah satu browser Web paling intensif sumber daya bila dibandingkan dengan browser Web lain dalam pengujian independen. Sementara waktu start-up browser dan penggunaan RAM telah meningkat dengan setiap rilis Firefox yang berurutan, instalasi ekstensi seringkali meniadakan peningkatan tersebut karena kode yang digunakan dalam ekstensi tidak selalu yang paling efisien.

Related posts

10 Tips Mengirim Surat Lamaran Melalui Email

Oyi News

Sekretaris Pribadi BJ.Habibie dan Presiden Jokowi Membesuk Habibie di RSPAD hari ini

Oyi News

Bagaimanakah cara memulai hari pertama masuk kerja ?

Oyi News

7 comments

Leave a Comment