Cegah Virus Corona Dengan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cegah Virus Corona Dengan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kesehatan

Seperti yang sudah kita tahu Virus Corona telah menginfeksi Jutaan orang di seluruh dunia. Kasus di Indonesia, sampai hari ini sudah mencapai 20.000 ribu lebih orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 ini. Salah satu cara untuk mencegah penularan Virus Corona ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dengan memperkuat imun tubuh ini, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit lainya.

Covid 19 di kenal dengan nama virus corona. Virus ini dapat menyebabkan gangguan system pernapasan seperti pheunomia dan juga dalam beberapa kasus seperti gagal ginjal.

Hingga sekarang, belum tersedia vaksin yang efektif untuk mencegah penularan Covid 19. Menteri kesehatan Indonesia juga menghimbau agar warga Indonesia menjalani hidup bersih serta menjaga daya tahan tubuh Agar terhindar dari penyakit ini.

Tubuh manusia mempunyai sistem kekebalan untuk melawan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Tapi, ada beberapa hal yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang, mulai dari penuaan, penyakit bawaan, kurang nya asupan gizi dan juga karena obat obatan tertentu. Sebab itu, fungsi imun dalam tubuh harus dijaga agar terus sehat.

Berikut beberapa cara memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh!

1. Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh yang Pertama adalah Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang mempunyai antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, contohnya seperti sayur dan buah yang dapat melawan radikal bebas.

Jika dalam tubuh kita terdapat banyak radikal bebas, maka kerja sistem kekebalan tubuh kita bias terganggu, yang nantinya tubuh akan rentan terkena virus corona.

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, diperlukan pula nutrisi yang cukup. Perbanyak makan makanan kacang kacangan dan daging tanpa lemak agar sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

Jahe dan Bawang juga baik di konsumsi karena diyakini membantu tubuh untuk meredakan peradangan dan juga membantu melawan infeksi.

2. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga juga dapat membantu kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi perlu anda ingat, anda harus melakukan olahraga secara teratur, agar mendapatkan efek yang lebih baik. Jangan hanya sesekali berolahraga. Lakukan olahraga setidaknya selama 30 menit per hari.

Baca Juga : CARA MENCARI JASA WEDDING ORGANIZER

3. Kelola Stress

meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Stress yang terus terusan menyebabkan meningkatnya produksi hormone kortisol. Hormon kortisol yang terlalu tinggi juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh saat melawan infeksi. Oleh sebab itu, usahakan untuk dapat mengelola stress agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan kuat saat melawan virus corona.

Cara mengendalikan stress juga bermacam-macam, misalanya dengan melakukan hobi anda agar tubuh dan pikiran rileks. Jangan lupa juga untuk tidur yang cukup setiap hari.

4. Beristirahat

meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Walaupun sepertinya simple, kurang istirahat dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunya sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh kita dapat dengan mudah di masuki oleh penyakit.

Beristirahat yang cukup dapat menjadikan tubuh lebih kuat melawan virus seperti corona. Orang Dewasa membutuhkan waktu untuk beristirahat sekitar 8 jam, sedangkan anak anak membutuhkan waktu lebih banyak, yaitu 10 jam atau lebih.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Mengkomsumsi Suplemen

meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk dapat mencegah virus seperti Corona atau lebih di kenal Covid 19, kita juga bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi supplement seperti  vitamin c, vitamin B3, vitamin b5, vitamin b6, vitamin E, zinc, picolinate dll.

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, suplemen juga bagus untuk kesehatan. Selain itu, vitamin B3, B5 dan B6 dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak.

  • Selain meningkatkan kekebalan tubuh kebersihan juga penting untuk mencegah penularan Virus COVID-19 ini:
    Rajin mencuci tangan atau bisa juga menggunakan handsanitizier
  • Hindari memegang wajah
  • Hindari pergi ke daerah yang terjangkit virus
  • Jika mempunyai kondisi penyakit tertentu jangan ragu untuk bertanya kepada dokter agar terhindar dari infeksi virus ini

Mari kita Bersama-sama menjaga sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan pola hidup sehat. Semoga pandemic ini cepat berlalu, dan kita dapat hidup normal kembali. TETAP SEMANGAT!!

Related posts

Memanfaatkan Ampas Teh Hitam Untuk Kecantikan

Oyi News

Manfaat dan Khasiat Minuman Teh Susu Yang Baik Untuk Kesehatan

Oyi News

Mahasiswa UMM Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Lingkungan Desa Ramang-Pulang Pisau

Oyi News

1 comment

Leave a Comment