Psikoedukasi Karier untuk Penetapan Studi Lanjut Siswa SMP

Psikoedukasi Karier untuk Penetapan Studi Lanjut Siswa SMP
OyiNews

Senin, 18 November 2019 diselenggarakan kegiatan psikoedukasi karier dengan tema “Career Preparation : Your Choice for Your Future”. Kegiatan ini diselenggarakan di SMP Islam Karangploso selama 1 hari oleh mahasiswa Semester 5 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Diri dan Karier.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Ridwan, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Islam Karangploso. Melalui sambutannya, Kepala Sekolah sangat mengapreasiasi kegiatan ini, selain itu kepala sekolah memberikan arahan kepada siswa/siswi kelas IX yang hadir pada kegiatan ini agar mengikuti kegiatan ini dengan baik sebagai penambah wawasan siswa/siswi untuk ke depannya.

Psikoedukasi karier ini dilakukan dengan pemberian materi, materi pertama disampaikan oleh Karina Melati Desembriola Putri mengenai gambaran umum mengenai studi lanjutan SMA atau SMK beserta gambaran karier ke depannya. Materi kedua disampaikan oleh Ferdi Rahardiyan mengenai tips-tips dalam memilih studi lanjutan.

Kemudian dalam kegiatan ini juga menghadirkan narasumber bernama Andhika Brililyan yang mempunyai riwayat pendidikan sebagai alumni SMK Pariwisata yang berfokus pada bidang tata boga dan berhasil melanjutkan pendidikannya di Royal Ocean International pada jurusan Food And Beverage Product.

Baca Juga : Yuk Ketahui Keuntungan Mozilla Firefox dan Kerugiannya

Narasumber tersebut didatangkan dengan maksud untuk memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara SMA dan SMK serta membahas isu bahwa anak SMK tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Sehingga penjelasan dan pengalaman yang diberikan oleh narasumber dapat memberikan motivasi kepada siswa/siswi kelas IX SMP Islam Karangploso karena mayoritas siswa/siswi kelas IX SMP Islam Karangploso memiliki minat untuk melanjutkan studi lanjutan ke SMK. Melalui diskusi dan tanya jawab, siswi kelas IX SMP Islam Karangploso menyampaikan mereka berminat melanjutkan studi ke SMK Keperawatan dan SMK Tata Boga. Begitu juga siswanya menyampaikan mereka berminat melanjutkan studi ke SMK Mesin atau jurusan otomotif.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran umum kepada siswa kelas IX mengenai studi lanjutan ke SMA atau SMK beserta gambaran karier ke depannya serta tips-tips dalam memilih studi lanjutan secara tepat. Kegiatan psikoedukasi ini dilakukan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman serta pemaknaan siswa/siswi terkait penetapan studi lanjutan dan karier pada SMA dan SMK, dan memotivasi siswa/siswi agar memperoleh semangat dalam memutuskan studi lanjutan dan karier yang akan diambil.   Target yang diharapkan dari kegiatan ini adalah siswa/siswi kelas IX sudah mulai mengetahui dan menetapkan pilihan dalam mengambil keputusan mengenai studi lanjutan yang akan dipilih dan ditekuni nantinya serta mengetahui gambaran karier kedepannya sesuai dengan studi lanjutan yang telah dipilih.

Urgensi dari kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran umum mengenai studi lanjutan SMA/ SMK serta gambaran karier ke depannya dan juga tips-tips memilih studi lanjutan untuk memberikan kemudahan bagi siswa/siswi kelas IX SMP Islam Karangploso untuk memutuskan dan menetapkan pilihan studi lanjutan dan karier mereka agar tidak terjadi kesalahan ketika memilih yang bisa berdampak di masa depannya.

Oleh : Yeni Ariyani, dkk

 

 

 

 

Related posts

Bolehkah Menanyakan Hasil Wawancara Kerja ke Perusahaan ?

Oyi News

Cara Membuat Bisnis Online Berkembang

Oyi News

Resep Berkomunikasi dengan Baik Saat di Kantor

Oyi News

Leave a Comment