Tips Menata Ruang Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Tips Menata Ruang Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Edukasi

Tips Menata Ruang Anak Berkebutuhan Khusus – Anak berkebutuhan khusus membutuhkan pendekatan yang khusus pula. Pendekatan ini mencakup banyak aspek, salah satunya adalah penataan ruang yang sering dihuninya. Selama ini cukup banyak yang sekadar mengejar aspek estetika tanpa memperhatikan pertimbangan dari segi kondisi fisik maupun psikologis. Menata kamar untuk anak dengan kebutuhan khusus tidak boleh sembarangan, anda harus bisa memahami diagnosis anak untuk kemudian menentukan bentuk tata ruang seperti apa yang dirasa cocok dengan kebutuhan anak. Berikut ini tips menata ruang bagi anak berkebutuhan khusus sesuai dengan diagnosinya :  

Anak Hiperaktif-Impulsif Agresif

Tips Menata Ruang Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Keamanan menjadi faktor yang sangat penting di sini. Pelu diperhatikan dalam memilih bahan dan model tempat tidur serta furniture lainnya agar tidak membahayakan anak. Karena sikapnya yang sangat aktif dan agresif maka besar kemungkinan anak akan tertarik pada perabotan di sekitarnya. Pastikan furniture yang anda pilih aman, misalnya sudut furnitur yang tidak tajam, laci meja yang kuat sehingga tidak mudah lepas, dan usahakan untuk memilih furniture jenis rak dan lemari yang cukup berat sehingga tidak mudah untuk jatuh ketika anak berusaha untuk mendorong atau memanjatnya. Jangan pernah meletakkan barang yang mudah pecah di sekitarnya dan pastikan setelah bermain letakkan mainannya di tempat yang aman. Lengkapi area bermain anak dengan permainan yang bisa menyalurkan energinya soerti trampolin atau guling tinju.

Tips Menata Ruang Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Agar Terhindar Dari Gangguan Konsentrasi

Tips Menata Ruang Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Anak dengan gangguan konsentrasi sangat mudah untuk kehilangan fokus sehingga kamarnya perlu didesain dengan rapi dan sederhana agar tidak konsentrasinya terganggu. Terlalu banyak benda hanya akan membuat anak terdistraksi perhatiannya dan fokusnya. Siapkan penyimpanan tertutup untuk khusus untuk mainan dan buku-bukunya, pilihlah desain wallpaper yang polos dengan warna serba natural dan tidak mencolok. Begitu pula pemilihan warna untuk furniture lain seperti meja, kursi, karpet, dan kasur.

Baca Juga : CEGAH VIRUS CORONA DENGAN MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Anak dengan Negativistik yang Tinggi

Tips Menata Ruang Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Anak yang termasuk dalam kategori ini cenderung keras dan sering menolak. Untuk itu anda perlu menyiasatinya dengan melibatkan anak dari awal penataan kamar. Anda bisa mengajaknya untuk memilih barang-barang pribadinya, mengajaknya membeli furniture untuk kamarnya, tentunya dengan batasan-batasan yang masih wajar dari orangtua. Agar anak tidak semaunya sendiri, orangtua bisa memberinya dua atau tiga pilihan.

Desain dan tatanan yang sesuai dengan kondisi anak diharapkan akan membuat anak lebih nyaman dalam beraktivitas. Kreativitas dan pemahaman orangtua terhadap anak sangat diperlukan untuk mewujudkan tatanan yang baik bagi anak.

Related posts

Apa sih Bahayanya Kutu Loncat?

Oyi News

Kok Bisa Sampai Salah Ambil Jurusan? Simak Cara Menyikapi salah Mengambil Jurusan Kuliah Ini

Oyi News

Poin Wajib yang Ada pada CV Supaya HRD Melirikmu

Oyi News

Leave a Comment