Tips Memasang Ubin Batu Alam untuk Dinding Rumah

Tips Memasang Ubin Batu Alam untuk Dinding Rumah
Edukasi

Tips Memasang Ubin Batu – Ubin batu Natural merupakan salah satu jenis material interior yang di minati masyarakat akhir-akhir ini. Dengan tampilannya yang alami namun tetap memberi kesan elegan yang membuatnya begitu populer. Keramik jenis ini bisa dipasang di berbagai tempat seperti taman, ruang tamu, teras, dan ruang keluarga. Banyak sekali jenis natural ubin batu dengan ukuran yang variatif mulai dari ukuran baik yang kecil hingga ubin batu besar.

Berikut tips memasang ubin batu khusus pengaplikasian pada dinding rumah :

Tips Memasang Ubin Batu yang pertama adalah memilih Keramik

Ketika anda menentukan dinding mana yang akan di pasangi ubin batu, alangkah lebih baik memilih dinding yang sekiranya menonjol seperti dinding teras maupun ruang keluarga. Pastikan dinding terpilih itu cocok dengan karakteristik ubin batu. Dinding harus kuat karena ubin batu memiliki massa yang cukup berat. Jika dinding kurang kuat akan berisiko menjadi retak.

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Tips Memasang Ubin Batu Alam untuk Dinding Rumah

Alat dan bahan yang diperlukan adalah paku beton, benang khusus bangunan, air, dan semen. Benang dipasang sebagai dasar pemasangan agar menjadi rapih dan tidak bergelombang. Sebagai finishing anda bisa menambahkan coating atau pelapis pada permukaan ubin batu untuk alasan estetik dan juga untuk mencegah tumbuhnya lumut. Sebelum memulai pemasangan, pastikan ubin batu yang hendak digunakan berbentuk siku, apabila ubin batu belum berbentuk siku anda bisa membentuknya menjadi siku dengan mesin pemotong keramik.

Baca Juga : TIPS AGAR MEETING MENJADI LEBIH EFEKTIF

Mempersiapkan Dinding

Tips Memasang Ubin Batu

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan dinding yang akan ditempel dengan ubin batu. Anda perlu mengupas permukaan dinding secara acak agar adonan semen dapat melekatkan ubin batu dan dinding dengan sempurna. Pastikan semen dalam proporsi yang tepat tidak terlalu encer. Selanjutnya basahi dan rendam ubin batu dengan air biasa. Hal ini perlu dilakukan untuk  menjaga kelembapan ubin batu. Sekadar informasi bagi anda bahwa ubin batu memilih pori-pori yang cukup besar sehingga apabila ubin batu terlalu kering akan menyerap air dari adonan semen ketika hendak dipasang. Rendam ubin batu sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Mulai Memasang

Tips Memasang Ubin Batu

Tiba saatnya untuk proses pemasangan ubin batu. Proses ini dapat dimulai dari bagian bawah dinding terdahulu. Setiap layer pada dinding perlu diganjal dengan batu agar tidak merosot ke bawah karena memang bobotnya yang lumayan berat. Ketika ubin batu sudah selesai dipasang, bersihkan sisi-sisi dinding yang biasanya akan penuh dengan kotoran sisa semen. Ketika pemasangan sudah benar-benar selesai dan sudah bebas dari kotoran sisa semen, langlah terakhir yang perlu dilakukan adalah melapisi ubin batu dengan coating. Hal ini perlu karena bisa menghambat tumbuhanya lumut sehingga dinding sengan ubin batu menjadi lebih awet. Jangan lupa untuk rajin memperbaiki coating ubin batu setiap minimal enam bulan sekali untuk menjada aspek estetika dinding ubin batu anda.

Demikianlah cara memang ubin batu untuk rumah anda. Setelah pemasangan maka anda perlu rajin untuk melakukan perawatan dengan teknik yang sebenarnya sangat sederhana. Anda dapat membersihkannya dengan menyemprotkan air dan bila perlu menggosok bagian dinding yang kotor.

Related posts

Tips Penting Sebelum Anda Berkarir Sebagai Konsultan Keuangan

Oyi News

Tips Menata Ruang Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Oyi News

Selamatkan Diri Dari Gempa Saat di Dalam Gedung

Oyi News

3 comments

Leave a Comment